Pengaruh Promosi Pariwisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Mancanegara Ke ODTW (Survei pada Tourist Information Center Malioboro, Kota Yogyakarta)

Hartyanto, Bima Noveka (2019) Pengaruh Promosi Pariwisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Mancanegara Ke ODTW (Survei pada Tourist Information Center Malioboro, Kota Yogyakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya mempertimbangkan pemilihan atau mengambil keputusan dalam menentukan kunjungan wisata, yang selalu dipengaruhi oleh faktor-faktor bauran promosi seperti periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, dan publisitas terhadap keputusan berkunjung wisatawan mancaegara ke ODTW di Yogyakarta yang berkunjung ke Tourist Information Center Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis explanatory research. Populasi dalam penelitian ini yaitu wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Tourist Information Center Yogyakarta dengan teknik purposive sampling dan dengan karakteristik yang sudah ditentukan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner offline. Skala pengukuran data penelitian ini menggunakan Skala Likert. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, dan uji t. Data dalam penelitian ini diolah dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 26 version. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Bauran Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Bauran Promosi (X) terhadap Keputusan Berkunjung (Y). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan saran kepada Tourist Information Center Yogyakarta untuk lebih meningkatkan lagi kegiatan-kegiatan dalam bentuk promosi. Penelitian ini juga diharapkan dapat dikembangkan oleh penelitian sejenis yang berikutnya dengan menambahkan variabel-variabel lainnya diluar variabel yang ada dalam penelitian ini.

English Abstract

This research is motivated by the importance of considering election or decision making in visiting decision, which always influenced by promotional mix factors such as advertising, sales promotion, personal selling, and publicity towards foreign tourist decision to visit a tourism destination in Yogykarta while visit Tourist Information Center Yogyakarta. This research is a quantitative research with explanatory research type. Population in this research are foreign tourist who visited Tourist Information Center Yogyakarta using purposive sampling technique and with characteristic determined. Data collection in this research using an offline questionnaire. Measurement scale on this research is using Likert Scale. Data in this research is analysed with descriptive analysis technique, simple regression analysis and t test. Data in this research is processed using IBM SPSS Statistics 26 version. The result of this research showed that the promotional mix has a significant influence on the visit decision. Hence it can be concluded that there is a significant influence between Promotional Mix (X) on Visit Decision (Y). This research is expected to be able to advise Tourist Information Center Yogyakarta to further improve activities on promotions. This research is also expected to be develop by the next similar research by adding other variables that have been used in this research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/896/052001061
Uncontrolled Keywords: Bauran Promosi, Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Pribadi, Publisitas, Keputusan Berkunjung Promotional Mix, Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, Publicity, Visit Decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:37
Last Modified: 21 Oct 2021 00:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178512
[thumbnail of Bima Noveka Hartyato.pdf] Text
Bima Noveka Hartyato.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (51kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (18kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (4kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item