Penerapan Aplikasi dan Portal I-CHAT sebagai bentuk Corporate Social Responsibility di Bidang Pendidikan (Studi Mengenai Penerapan Aplikasi dan Portal I-Chat PT. TELKOM pada SMPLB-B Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa di Kota Malang)

Lestari, Emilita Setiabudi (2017) Penerapan Aplikasi dan Portal I-CHAT sebagai bentuk Corporate Social Responsibility di Bidang Pendidikan (Studi Mengenai Penerapan Aplikasi dan Portal I-Chat PT. TELKOM pada SMPLB-B Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

BUMN memiliki peranan besar dalam meningkatkan kemajuan bangsa. Hal ini dikarenakan BUMN merupakan salah satu agen yang menunjang keberhasilan pembangunan nasional. Untuk membangun dan meningkatkan kehidupan rakyat maka BUMN memiliki tanggung jawab sosial perusahaan atau lebih dikenal dengan CSR . Hal ini diatur dalam Undang-undang RI No.40 Tahun 2007, undang-undang tersebut memberikan arahan bagi BUMN berkewajiban melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan. PT.Telkom sebagai salah satu BUMN juga berkewajiban menerapkan CSR. Kepedulian PT. Telkom untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat salah satunya dalam dunia pendidikan kalangan tuna rungu dengan menciptakan aplikasi dan portal I-CHAT. Penerapan aplikasi dan portal I-CHAT telah digunakan di beberapa SLB di Indonesia salah satunya pada SMPLB-B YPTB di Kota Malang. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan program CSR yang dilakukan PT.Telkom Malang, Bagaimanakah efektiitas penerapan aplikasi dan portal I-CHAT sebagai bentuk CSR PT.Telkom dalam bidang pendidikan pada SMPLB-B YTBP di kota malang, serta faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan pengambat dalam penerapan aplikasi dan portal I-CHAT sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar di SMPLB-B YPTB kota Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT.Telkom Malang telah melaksanakan CSR sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan peraturan Menteri BUMN. Penerapan aplikasi dan portal I-CHAT sebagai CSR dalam bidang pedidikan di SMPLB-B YTBP efektif sejalan dengan visi dan misi PT. Telkom dalam menerapkan konsep CSR. Dalam penerapan aplikasi dan portal I-CHAT di SMPLB-B YPTB juga tidak lepas dari faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung dari penerapan aplikasi dan portal I-CHAT pada SMPLB-B YTBP ialah adanya berbagai peraturan dan kebijakan yang mengacu pada penerapan CSR serta komitmen yang kuat dari pihak-pihak yang secara langsung mempunyai kewenangan dan bertanggung jawab dalam penerapan aplikasi dan portal I-CHAT pada SMPLB-B YTBP kota Malang. Sedangkan faktor penghambat dari penerapan aplikasi dan portal I-CHAT di SMPLB-B YTBP ialah kurangnya pemahaman para guru dalam menggunakan media yang berbasis computer dan masih kurang sempurnanya isi aplikasi dan portal I-CHAT.

English Abstract

State-Owned Enterprise has a big part in improving Country Progress. This happen because State-Owned Enterprise is one of agency which mainly affects on National Development Succession. In order to build and increase citizens’ life term, State-Owned Enterprise has social company responsibility which known as CSR. This already stated on Constitution of Indonesian Republic Number 40 Year 2007, this constitution give procedural steps for State-Owned Enterprise which acquired on implementing the CSR itself. PT.Telkom as one of the State-Owned Enterprise also have to obey this constitution. As a care-proof of PT. Telkom to increase life quality of citizen, they implementing Aplication and portal I-CHAT particularly for the deaf learners in Educational Field. The implementation of Aplication and portal I-CHAT has already applied in some Special School in Indonesia; one of them is Special Junior High School-B YPTB in Malang city. Formulation of Problem from this research is How the CSR Program is being implemented by PT. Telkom Malang, How the implementation of Aplication and portal I-CHAT by PT. Telkom become effectively applied in Special Junior High School-B YTBP in Malang city,and also what are the factors which become supporters and also problems in the implementation of I-CHAT Software and portal as the good impact on teaching and learning activity in Special Junior High School-B YPTB Malang City. The qualitative method will be used as the research method. The Data Collection will be done via interview, daily observations and also documentation. The Data Analysis which being applied here is the interactive model which invented by Miles Hubberman which are Data Reduction, Data Implementation, and also Collective Summary. The result of the research shows that PT. Telkom Malang has already implemented CSR as suggested by The National Constution and The Ministry of State-Owned Enterprise. The implementation of Aplication and portal I-CHAT as CSR on Educational Field in Special Junior High School-B YTBP categorized as effectively and suitable along with both vision and mission of PT. Telkom on implementing CSR concept. The Implementation of Aplication and portal I-CHAT in Special Junior High School-B YPTB also met supporters and problem factors. The supporter factor from the implementation is the consistently of the regulation and law which based on the Application of CSR and also the solid commitment which owned by the participants who have rights and responsibilities on implementing Aplication and portal I-CHAT in Special Junior High School-B YTBP Malang City. Another factor which became problem is the lack of understanding of teachers in using the media based on computer and also the minimum quality content of Aplication and portal I-CHAT.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/543/051707697
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.408 Social responsibility of executive management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 28 Aug 2017 07:45
Last Modified: 16 Oct 2020 02:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1783
[thumbnail of Bagian Depan (1).pdf]
Preview
Text
Bagian Depan (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (652kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (768kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (669kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (321kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item