Pengaruh Manfaat Sosial Terhadap Komunikasi Dari Mulut Ke Mulut Melalui Kepuasan Dan Komitmen Pada Produk Keuangan Mikro Model Grameen Bank (Studi Kasus di PT Mitra Bisnis Keluarga-Ventura Cabang Pakis Kabupaten Malang)

Ashar, Adethya Muhammad (2017) Pengaruh Manfaat Sosial Terhadap Komunikasi Dari Mulut Ke Mulut Melalui Kepuasan Dan Komitmen Pada Produk Keuangan Mikro Model Grameen Bank (Studi Kasus di PT Mitra Bisnis Keluarga-Ventura Cabang Pakis Kabupaten Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mayoritas nasabah Lembaga Keuangan Mikro ( LKM ) memiliki pendidikan rendah danberasal dari usaha kecil mikro, dimana mereka kurang terbiasa dengan informasi tertulis. Permasalahan seperti itu mendorong LKM menerapkan sistem pemasaran dengan komunikasi dari mulut ke mulut (Word of mouth communication) yang merupakan bagian dari Relationship Marketing Theory. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pengaruh social benefit melalui kepuasan dan komitmen terhadap word of mouth yang sudah berkembang dalam nasabah lembaga keuangan model Grameen Bank, yaitu PT. MBK Ventura Cabang Pakis Malang. Penelitianinimenggunakananalisis Partial Least Square (PLS). Dalam hasilpenelitianini membuktikanadanyapengaruhyang signifikan darisocial benefitterhadapWord of Mouthbaiksecaralangsungmaupunsecaratidaklangsungmelaluivariabelkepuasandanvariabelkomitmen.

English Abstract

The majority of clients of microfinance institutions (MFIs) have low education and come from small and micro enterprises, where they are more unfamiliar with non-verbal information. This problem encourage MFIs to implement marketing system with word of mouth communication, which is part of the Relationship Marketing Theory. This study aims to determine the effect of the influence of social benefit through satisfaction and commitment to the word of mouth that have been known in the customers of GrameenBankmodel, namely PT. MBK Ventura Pakis branch. This study uses Partial Least Square (PLS)analysis. In the results of this study prove thatsocial benefit have significant influence to the word of mouth either directly or indirectly through the satisfaction and commitment variables.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.8/ASH/p/2017/041901498
Uncontrolled Keywords: WORD-OF-MOUTH ADVERTISING,CONSUMER SATISFACTION
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 Jan 2020 07:45
Last Modified: 10 Oct 2023 07:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178248
[thumbnail of ADETHYA MUHAMMAD A..pdf] Text
ADETHYA MUHAMMAD A..pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item