Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Nilai Perusahaan: Perusahaan Keluarga dan Non-keluarga (Studi pada Perusahaan Publik di Indonesia).

Pratiwi, Widiya (2019) Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Nilai Perusahaan: Perusahaan Keluarga dan Non-keluarga (Studi pada Perusahaan Publik di Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial terhadap nilai perusahaan, pada perusahaan keluarga dan non-keluarga. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 159 sampel selama tahun 2010-2017 dari perusahaan lintas industri (kecuali perusahaan sumber daya alam dan keuangan) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial pada perusahaan keluarga (family firm) tidak memberikan dampak terhadap nilai perusahaan, karena pada perusahaan keluarga memiliki sedikit motivasi untuk memberikan informasi terperinci terkait dengan kebijakan sosial dan lingkungan, selain itu konflik kepentingan antara pemilik dan manajer cenderung tidak muncul dalam bisnis yang dikendalikan keluarga daripada di perusahaan non-keluarga. Pada perusahaan non-keluarga (non-family firm) pengungkapan tanggung jawab sosial mampu meningkatkan nilai perusahaan, dikarenakan informasi tanggung jawab sosial merupakan elemen yang dapat digunakan perusahaan untuk mengelola atau merespon berbagai pemangku kepentingan untuk mendapatkan dukungan dan persetujuan pihak-pihak terkait.

English Abstract

The objective of this study is to assess and analyze the effect of corporate social responsibility disclosure on firm value in family and non-family firms. Using purposive sampling, 159 companies from all industries, excluding natural resource and financial industry, listed in the Indonesia Stock Exchange from 2010 to 2017 were selected as the sample. The results of the multiple linear regression analysis indicate that corporate social responsibility disclosure in family firms does not influence firm value because such firms have lower motivation to detail their social and environmental policies and that conflicts of interest between owners and managers tend to not appear in family firms rather than in non-family firms. Furthermore, corporate social responsibility disclosure in non-family firms increases firm value because information about social responsibility is an element used by the company to manage and respond all stakeholders to gain supports and agreements of related parties.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.408/PRA/p/2019/042000472
Uncontrolled Keywords: SOCIAL RESPONSIBILITY OF BUSINESS,
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.408 Social responsibility of executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Jan 2020 06:24
Last Modified: 25 Oct 2021 06:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178224
[thumbnail of Widiya Pratiwi.pdf]
Preview
Text
Widiya Pratiwi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item