Representasi Karakteristik Image Produk Dalam Iklan Televisi Cokelat Dars No Hi Series

Ahmad Shidqy Ikhtiary, Dharmawan (2019) Representasi Karakteristik Image Produk Dalam Iklan Televisi Cokelat Dars No Hi Series. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Iklan merupakan media promosi suatu barang atau jasa yang sering ditemui sehari-hari. Iklan dapat disampaikan melalui dua media iklan, media cetak seperti surat kabar/majalah serta media elektronika yang berupa radio dan televisi. Periklanan dengan media iklan di televisi Jepang terkenal dengan ide yang unik, berkebalikan dengan iklan biasa yang dibuat dengan serius untuk mudah dipahami oleh konsumen. Salah satu iklan televisi yang unik tersebut adalah iklan cokelat Dars no Hi Series. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik image produk yang direpresentasikan oleh 3 varian cokelat Dars yang muncul dalam iklan cokelat Dars no Hi Series yang diteliti menggunakan teori Semiotika Roland Barthes Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teori Semiotika Roland Barthes untuk menganalisis tanda-tanda yang terdapat pada iklan cokelat Dars no Hi series. Tanda-tanda tersebut didapat dengan melakukan observasi terhadap data yang yang kemudian dilakukan berdasarkan unsur-unsur kreatif iklan. Identifikasi dan analisis dilakukan dengan menggunakan two orders of significations milik Roland Barthes untuk mencari denotasi, konotasi, dan mitos untuk menemukan representasi karakteristik image yang terdapat pada iklan Cokelat Dars no Hi Series. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi karakteristik image yang terlihat pada iklan cokelat Dars no Hi Series adalah warna kemasan dan narasi cerita yang didapat atau terlihat dari tanda-tanda dalam iklan yang menunjukkan variasi rasa dan suasana seperti apa yang cocok untuk menikmati produk dari iklan cokelat Dars. Produsen menunjukkan bahwa cokelat Dars dapat dikonsumsi kapanpun, di manapun dan oleh siapapun sesuai dengan kondisi dan suasana hati yang dimiliki oleh seseorang pada hari tersebut

Other obstract

広告とは商品とサービスの販促媒体であり、常にみられることである。 広告宣伝の手法は二つのメディアで伝われている。 一つは新聞や雑誌とい う印刷媒体であり、もう一つはラジオやテレビという電子メディアである。 消費者が理解やすい普通で深刻な報告とは違い、 日本でのテレビ報告は非 凡のアイデアで宣伝すると言われている。 その中には報告のダースの日シ リーズチョコレート だ。この研究は商品のイメージの特色を把握するため に作成されている。この商品はダースの日シリーズという報告 に表現され た 3 種類のダースチョコレートの記号をロラン・バルトの理論で分析する。 この研究は質的に、 ロラン・バルトの記号論でダースの日チョコレー トという報告に表現された記号を記述している。 この記号はデータを観察 し、 創造的なポイントによって分かった。 確認と分析方法はロラン・バル トの two orders of significations で行い、 意味する者と神話を捜し、 ダースの 日シリーズという報告にあるイメージの特色の表現を見つけるために行わ れる。 研究の結果としてはダースの日という報告にあるイメージの特色の表 現は袋の色とストーリの流れが味の種類と状態、 どのような気分の状態で チョコレートのダースの味を再現するかよく表せる。 生産者はダースチョ コレートがいつでも、 どこでも、 だれでも、 当日の気分や状態によって食 べることができることを表現している

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/483/052000255
Uncontrolled Keywords: Iklan, Representasi, Semiotika
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 17 Nov 2020 23:54
Last Modified: 17 Nov 2020 23:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178221
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item