Language Style Used In Advertisement Of @Ikea_Id Instagram Captions

Uswatun, Hasanah (2019) Language Style Used In Advertisement Of @Ikea_Id Instagram Captions. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Manusia merupakan mahluk sosial yang tidak pernah lepas dari penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-harinya. Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan manusia untuk menyampaikan gagasan atau ide kepada orang lain. Setiap individu memiliki cara unik untuk mengekspresikan apa yang ada dalam pikiran dan perassaannya, melalui ekspresi diri yang dibuat dalam gaya bahasa. Pada penelitian ini peneliti menganalisis gaya bahasa iklan yang digunakan oleh akun @ikea_id agar diketahui keunikan gaya bahasa yang digunakan pada iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif karena peneliti menganalisis dan mendeskripsikan data melalui kata-kata bukan melalui angka. Data pada penelitian ini berupa 60 caption iklan pada akun @ikea_id yang dipost mulai bulan Januari sampai Mei, yang dianalisis gaya bahasanya menggunakan teori Joos (1967, dalam Chaer dan Agustina, 2010, hal. 70). Alasan peneliti memilih postingan bulan Januari sampai Mei karena data sudah dianggap cukup untuk diteliti oleh peneliti. Berdasarkan hasil analisis teori Joos ditemukan tiga gaya bahasa yang berada pada iklan caption instagram ikea_id. Gaya bahasa yang ditemukan yaitu: (1) gaya konsultatif yang berjumlah 30 postingan, (2) gaya santai yang berjumlah dua puluh postingan dan, (3) gaya akrab yang berjumlah sepuluh postingan. Akhirnya, peneliti berharap skripsi ini dapat memberikan kontribusi terhadap peneliti berikutnya. Selain itu, disarankan untuk peneliti selanjutnya agar meneliti sumber data yang lain dan menggunakan teori analisi gaya bahasa yang lain dalam menganalisis data penelitian

English Abstract

Human is a social creature that cannot be separated from the uses of language in the daily life. Language is a communication device used by human to convey the ideas to other people. Every person has unique way to express what is inside the mind or the feeling, through self-expression in the language style. In this study, the researcher analyzed the language style of @ikea_id, Instagram account to know the uniqueness of the language style used in the advertisement. The research design is qualitative descriptive because the researcher analyze and describe the data through sentences not a numerical data. The data are captions of @ikea_id Instagram that posted on January to May. The language style is analyzed use Joos (1967, in Chaer and Agustina 2010, p.70) theory. The researcher chose the post on January to May because the data is sufficient to be analyzed. Based on the result of the analysis from Joos theory, there found three language styles on the advertisement of @ikea_id Instagram account. The language styles found are: (1) consultative style, contains thirty posts, (2) casual style, contains twenty posts and (3) intimate style, contains ten posts. The last but not least, the researcher hope this study could give the contribution to the future research. In addition, the researcher suggest for the future researcher could study another sources and theory to analyze language style

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/398/052000170
Uncontrolled Keywords: Language style, Advertisement, Instagram, Captions, ikea_id - Gaya Bahasa, Iklan Instagram,Captions, ikea_id
Subjects: 400 Language > 428 Standard English usage (Prescriptive linguistics) > 428.2 Standard English usage (Prescriptive linguistics) (Structural approach to expression)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 17 Nov 2020 16:10
Last Modified: 17 Nov 2020 16:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178211
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item