Makna Income Dalam Perspektif Pengusaha Travel Umroh Dan Haji

Akbari, Yuliandra Andar (2020) Makna Income Dalam Perspektif Pengusaha Travel Umroh Dan Haji. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menemukan makna income menurut pengusaha travel umroh dan haji. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma interpretif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi transendental. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan peneliti adalah sumber data primer yakni data dikumpulkan secara langsung dari informan melalui wawancara semi terstruktur. Informan Penelitian ini adalah 3 (tiga) orang pemilik perusahaan travel umroh dan haji di kota Palangkaraya. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditemukan tiga makna laba bagi travel umroh dan haji, yaitu laba materi, laba sosial dan laba rohani. Setiap laba memiliki keunikannya tersendiri dan memberikan pengaruh kepada travel umroh dan haji. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa keberadaan ketiga laba membentuk sesuatu yang dinamakan Segitiga Laba Travel Umroh dan Haji yang pada akhirnya membangun dan membentuk travel umroh dan haji menjadi bisnis yang lengkap dan hidup.

English Abstract

This study aims to find the sense of income according to umrah and hajj travel enterpreneurs using interpretive paradigm and transcendental phenomenology. The data of this study was collected from observations, interviews and documentations, acquired directly from primary data source through semi structured interviews with three owners of Umrah and Hajj travel business as the informants. The search found that there are three sense of income for umrah and hajj travel enterpreneurs; they are material income, social income and spiritual income. Each income has its own uniqueness and influences the business. The finding indicate that the three incomes form something called as the Income Triangle of Hajj and Umrah Business, which ultimately builds and shapes the travel business into a complete and lively one.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.155 4/AKB/m/2020/042000505
Uncontrolled Keywords: PROFIT, INCOME, PHENOMENOLOGY
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management > 658.155 Management of income and expense > 658.155 4 Income (revenue)
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Jan 2020 02:45
Last Modified: 18 Apr 2023 01:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178209
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yuliandra Andar Akbari (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item