Analisis Penggunaan Kalimat Pada Karangan Deskripsi Mahasiswa Tunarungu Psld Ub

Farida Nur., Lailiyah (2019) Analisis Penggunaan Kalimat Pada Karangan Deskripsi Mahasiswa Tunarungu Psld Ub. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Struktur kalimat dan fungsi sintaksis memiliki peran penting sebagai pembangun sebuah kalimat. Kalimat yang digunakan mahasiswa tunarungu memiliki struktur yang unik. Hal tersebut dikarenakan kendala pendengaran yang mereka alami sehingga berimbas pada pemerolehan dan produksi bahasa baik lisan maupun tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kalimat pada karangan deskripsi mahasiswa tunarungu PSLD UB yang difokuskan pada fungsi kalimat dan struktur kalimat. Data pada penelitian ini berupa kalimat pada karangan deskripsi mahasiswa tunarungu PSLD UB angkatan 2017 yang dianalisis fungsi kalimat dan struktur kalimatnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode telaah data yang menggunakan dua instrumen yaitu instrumen bergambar dan pedoman tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode agih dengan teknik BUL (Balik Unsur Langsung) yang membagi data ke dalam aspek-aspek yang ada pada teori fungsi kalimat dan struktur kalimat. Adapun langkah-langkah analisis data berdasarkan langkah Miles dan Huberman yaitu: penyeleksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pada karangan deskripsi mahasiswa tunarungu ditemukan fungsi kalimat pada setiap kalimat, yaitu fungsi:. (1) subjek diisi oleh kategori pronomina, frasa nomina, dan nomina, (2) predikat diisi oleh kategori frasa berpreposisi, frasa adjektiva, verba, frasa verba, dan frasa nomina, (3) objek diisi oleh kategori frasa nomina, frasa adjektiva, nomina, dan pronomina, (4) keterangan diisi oleh kategori frasa nomina, frasa preposisi, dan frasa numeralia, (5) pelengkap diisi oleh frasa nomina. Adapun struktur kalimat yang ditemukan pada penelitian ini ada 23 jenis struktur yaitu: (1)S-P, (2) S-P-K, (3) K-S-P-O-K, (4) S-P-Pel., (5) K-P-O-Pel., (6) K-S-P-S-P, (7) K--P-O-S-P-P-OS-P, (8) S-P-O, (9) O-S-P-O, (10) S-S-P-K, (11) S-P-Pel.-K, (12) K-K, (13) P-SP-K, (14) S-P-K-K-K, (15) P-S-P-K-K, (16) K-S-P, (17) P-K, (18) S-K, (19) S-PS-P, (20) P-O-K, (21) K-S-K-P-K, (22) S-P-K-S-P-O-K, dan (23) S-P-K-S-P-K-PK-S-K. Pada penggunaan kalimat terdapat enam keunikan yang meliputi: (1) kalimat yang tidak selalu didahului subjek, (2) subjek yang didominasi oleh frasa nomina (3) predikat yang didominasi oleh verba, (4) objek yang didominasi oleh frasa nomina, (5) keterangan yang didominasi oleh frasa berpreposisi, dan (6) pelengkap yang jarang digunakan

English Abstract

The sentence structure and syntax function has important role in establish a sentence. Sentences used by the deaf student in the composition is reversed. This is because of the hearing problem of deaf student that affect to the acquisition and production of a good language in oral and written form. This study is aimed to describe the use of the sentence on descriptive composition by the deaf student in PSLD UB that focused on the sentence element function and sentence structure. The data of this study is the sentences on the descriptive composition by the deaf student in PSLD UB batch 2017 which analyzed on part of its sentence structure and syntax function. Technique used to obtain the data in this study is data study which consists of ilustrated and guide-book instrument. The data analysis is used Miles and Huberman, it is data selection, data display, and draw conclusion. The result of this study is the descriptive composition of the deaf student found syntax function in every elements of the sentence there are (1) subject which contains pronoun category, noun phrase and noun, (2) predicate which contains preposition phrase category, adjective phrase, verb, verb phrase, and noun phrase category, (3) object which contains noun phrase category, adjective phrase, noun, and pronoun, (4) adverb which contains noun phrase category, preposition phrase and numeric phrase, (5) complementary which contains noun phrase. There are 23 kinds of sentence structure found in this study, they are (1)S-P, (2) S-P-K, (3) K-S-P-O-K, (4) S-P-Pel., (5) K-P-O-Pel., (6) K-SP-S-P, (7) K--P-O-S-P-P-O-S-P, (8) S-P-O, (9) O-S-P-O, (10) S-S-P-K, (11) S-PPel.-K, (12) K-K, (13) P-S-P-K, (14) S-P-K-K-K, (15) P-S-P-K-K, (16) K-S-P, (17) P-K, (18) S-K, (19) S-P-S-P, (20) P-O-K, (21) K-S-K-P-K, (22) S-P-K-S-PO-K, dan (23) S-P-K-S-P-K-P-K-S-K. The used of sentences which used by deaf student has six uniques, they are: (1) the sentence which not always begun by subject, (2) subject which dominated by noun phrase, (3) predicate which dominated by verb, (4) object which dominated by noun phrase, (5) adverb which dominated by preposition phrase, and (6) complementary which rarely used

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/4714/052000186
Uncontrolled Keywords: Kalimat, Karangan Deskripsi, Tunarungu - Sentence, Descriptive Composition, Deaf
Subjects: 400 Language > 415 Grammar of standard forms of languages
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 14 Nov 2020 16:08
Last Modified: 14 Nov 2020 16:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178208
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item