Pengembangan Media Animasi Interaktif: KUMORI pada Pembelajaran Doushi Bentuk ~て

Edy Pratama, Putra (2019) Pengembangan Media Animasi Interaktif: KUMORI pada Pembelajaran Doushi Bentuk ~て. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang dapat dipelajari di Indonesia. Adanya minat budaya pada Animasi (Anime) dan komik (Manga) yang terkenal oleh kalangan remaja serta dimana Jepang juga terkenal dengan kemajuan teknologinya dan menyebabkan minat belajar bahasa Jepang meningkat. Namun kendala pembelajaran muncul dikarenakan berbedanya struktur bahasa Jepang dan Indonesia, terutama pada pola kalimat bahasa. Pada pembelajaran bahasa Jepang yaitu Bunpou (Tata Bahasa), terdapat banyak perubahan kalimat yang menjadi nuansa dan makna yang berbeda. Pada pembelajaran Bunpou, terdapat sebuah perubahan pola kalimat bentuk biasa menjadi Doushi (kata kerja) bentuk ~て yang biasanya digunakan pada kalimat perintah, larangan, kegiatan yang sedang dilakukan, dan masih banyak lagi. Banyaknya jenis perubahan Pola Doushi bentuk ~てmembuat para pembelajar bahasa Jepang menjadi cukup kesulitan. Pada penelitian ini, dikembangkannya sebuah media pembelajaran Animasi dibuat agar dapat membantu proses belajar bahasa Jepang, terutama pada pada perubahan Pola Doushi bentuk ~てyang akan digunakan oleh mahasiswa Program Studi Bahasa Jepang Universitas Brawijaya angkatan 2019. Penelitian dengan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) ini dibuat dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation). Dikembangkan dengan aplikasi Macromedia Flash untuk membuat Animasi dan materi pembelajaran. Hasil penelitian ini akan menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa media animasi beserta materi pembelajaran Doushi bentuk ~てyang digunakan sebagai alat bantu belajar mandiri maupun pembelajaran di kelas dengan model pembelajaran yang menarik.

Other obstract

日本語はインドネシアで学べる外国語です。10代の若者の間でよく知られているアニメーション(アニメ)とコミック(漫画)には文化的な関心がありますし、そして日本は技術の進歩でも有名であり、日本語学習への関心が高まっています。ただし、日本語とインドネシア語の構造、特に言語の文型の変化により、学習の制約が生じます。 日本語の学習、つまり文法では、文には多くの変化があり、異なるニュアンスや意味になります。文法学習では、通常の文章形式が動詞「〜て」がされます、通常、命令文、禁止事項、実行中の活動などで使用されます。多くの種類のパターン変更が動詞「〜て」であり、それは日本語学習を非常に困難にします。 この研究では、日本語学習プロセスを支援するために、アニメーション学習メディアの開発が行われましたが、特に、2019年のブラウィジャヤ大学日本語学習プログラムの学生が使用する動詞「〜て」の活用について開発を行いました。研究開発手法による研究(研究開発)ADDIE開発モデルを使用して作成しました。Macromedia Flashアプリケーションで開発され、アニメーションと学習教材を作成しました。 この研究の結果は、学習教材「動詞〜て」とともにアニメーションメディアの形で学習メディアを生成します。これは、学習支援ツールとして独立して使用されるほか、興味深い学習モデルでクラスで使用できます。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/396/052000168
Uncontrolled Keywords: Media Animasi, Macromedia Flash, Pola Doushi bentuk ~て, Bunpou -
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 29 Aug 2020 06:06
Last Modified: 29 Aug 2020 06:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178172
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item