Cara Unik Merawat Nilai-Nilai Kehidupan: Etnofrafi Ritus Penyelesaian Konflik Pada Masyarakat Desa Paubokol, Lembata, Ntt

Aminah, Pratiwi (2019) Cara Unik Merawat Nilai-Nilai Kehidupan: Etnofrafi Ritus Penyelesaian Konflik Pada Masyarakat Desa Paubokol, Lembata, Ntt. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Interaksi sosial antar masyarakat sering kali terjadi persinggungan sehingga menimbulkan konflik sosial. Dalam kehidupan bersama sangat ditekankan adanya keharmonisan. Usaha mengharmonisasikan masyarakat selalu dipraktekkan lewat upacara kebaktian, permohonan dan pemulihan. Sehingga rekonsiliasi sangat diperlukan agar konflik yang muncul dapat padam kembali dan menjadikan masyarakat dapat terus memperbarui kehidupan keharmonisan dan keseimbangan serta semakin menghargai manusia sesama ciptaan Tuhan. Hal ini dikhususkan pada masyarakat pedesaan dimana masyarakatnya masih memegang teguh adat istiadat yang dibawa oleh nenek moyang mereka sebagai suatu identitas khas dan akan selalu dijaga dan dilestarikan. Penelitian ini dimaksudkan dapat memberikan gambaran mengenai segala jenis konflik sosial yang pernah terjadi di Desa Paubokol. serta mengetahui bagaimana konflik tersebut dapat diselesaikan oleh masyarakat dengan menggunakan segala jenis ritus dan upacara adat dan menjadi hal yang sakral dengan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi dan dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa segala jenis konflik yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat akan selalu diselesaikan dengan ritus dan upacara yang secara langsung memberi ruang masyarakat untuk menyelesaikan segala konflik yang pernah terjadi di sekitar kehidupan mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/383/052000155
Uncontrolled Keywords: Rekonsiliasi, Konflik, Ritus
Subjects: 300 Social sciences > 305 Groups of people > 305.8 Ethnic and national groups
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Antropologi Budaya
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 15 Nov 2020 14:50
Last Modified: 15 Nov 2020 14:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178160
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item