Risandy, Meisya Najelina Tita (2019) Analisis Kesalahan Perubahan Kata Kerja Bentuk Infinitive (Jishokei) Ke Dalam Bentuk ~Te Pada Mahasiswa Angkatan 2018 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam penelitian ini, peneliti meneliti kesalahan dan penyebab dari perubahan kata kerja bentuk infinitive (jishokei) kedalam kata kerja bentuk –te. Pada studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti, masih banyak responden yang salah ketika menjawab soal perubahan kata kerja bentuk infinitive (jishokei) kedalam kata kerja bentuk –te. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dan penyebab apa saja yang dialami oleh mahasiswa agar tidak menimbulkan kesalahan kedepannya bagi pembelajar Bahasa Jepang ketika merubah kata kerja bentuk infinitive (jishokei) kedalam kata kerja bentuk –te. Objek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya angkatan 2018 yang mengikuti mata kuliah Bunpou sebanyak 37 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menghasilkan gambaran atau fenomena secara alami. Dari hasil penelitian ini, akan menjelaskan mengenai kesalahan dan penyebab dari perubahan kata kerja bentuk infinitive (jishokei) kedalam kata kerja bentuk –te pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya angkatan 2018. Penelitian ini kemudian menghasilkan kesimpulan bahwa sebanyak 11 jawaban mahasiswa mengalami error dan 127 jawaban mahasiswa mengalami mistake. Dari hasil kesimpulan tersebut dapat diketahui bahwa masih banyak mahasiswa yang kurang memahami perubahan kata kerja bentuk infinitive (jishokei) kedalam kata kerja bentuk –te karena masih bingung dengan perbedaan penggolongan kata kerja.
Other obstract
この研究では、研究者は不定詞の形(辞書系)が 「―て」動詞に変化するエラーと原因を調べた。 研究者が行った予備調査では、不定詞の動詞形(辞書系)を動詞形 「~て」に変更する問題に答えるときに間違っていた回答者がまだ多くいた。 そのため、この研究では、不定詞(辞書系)を動詞形式に変更する際に日本語の学習者に将来エラーを引き起こさないように、学生が経験したエラーや原因を調べることを目的としている。 使用された研究の対象は、2018年のブラウィジャヤ大学の日本語教育プログラムの学生で、文法を37人も受け入れました。 この研究では、画像または現象を自然に生成する記述的な定性的方法を使用する。 この研究の結果から、2018年のブラウィジャヤ大学の日本語教育の学生における不定詞動詞(辞書系)の 「―て」動詞への変更のエラーと原因を説明する。 この調査では、11学生の答えがエラーであり、学生の127の答えがミスタケを経験したと結論付けました。 これらの結論から、動詞の分類の違いとまだ混同されているため、不定詞の動詞形式(辞書系)の動詞形式 「―て」への変更を理解していない学生がまだ多いことがわかる。
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIB/2019/421/052000193 |
Uncontrolled Keywords: | Doushi, Doushi bentuk –te , Analisis kesalahan. |
Subjects: | 400 Language > 401 Philosophy and theory; international languages > 401.4 Communication; semantics, pragmatics, languages for special purposes > 401.41 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 08:01 |
Last Modified: | 05 Aug 2020 08:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178120 |
Actions (login required)
View Item |