Tipologi Elemen Visual Pada Masjid Cheng Ho Di Jawa

Fikriyah, Inayatul (2019) Tipologi Elemen Visual Pada Masjid Cheng Ho Di Jawa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masjid adalah bangunan atau lingkungan berpagar di sekitarnya yang didirikan khusus sebagai tempat ibadah kepada Allah SWT, terutama untuk sholat. Dalam perkembangannya, masjid tidak hanya menjadi bangunan rumah ibadah (tempat sujud atau tempat sholat), tetapi juga sebagai ruang sosial atau pusat kehidupan komunitas Muslim (masyarakat Islam). Masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat shalat atau tempat ibadah, tetapi juga memenuhi fungsi dalam berbagai aspek lainnya. Seperti yang terlihat di masjid-masjid yang ada, arsitektur bangunan masjid dipengaruhi oleh kondisi alam dan perkembangan budaya lokal dan eksternal. Perkembangan budaya dapat dilihat dari sejarah penyebaran Islam dan proses masuknya Islam ke daerah tersebut. Perpaduan budaya dapat dilihat dalam arsitektur bangunan Masjid Cheng Ho di Indonesia. Setidaknya ada 12 Masjid Cheng Ho di Indonesia, yang terbanyak tersebar di Pulau Jawa, sebanyak lima masjid. Lima Masjid Cheng Ho di Jawa yaitu Masjid Cheng Ho Surabaya, Pasuruan, Purbalingga, Jember, dan Banyuwangi diduga menggunakan elemen dan prinsip desain arsitektur Islam, arsitektur Jawa, dan arsitektur Tionghoa. Arsitektur Masjid Cheng Ho di Jawa diduga memiliki persamaan dan perbedaan. Bagaimana tipologi elemen visual pada Masjid Cheng Ho di Jawa? Penelitian ini berfokus pada elemen visual terhadap 5 (lima) Masjid Cheng Ho di Jawa dan hubungannya dengan tipologi elemen visual. Penelitian ini adalah penelitian arsitektur dengan paradigma konstruktivisme, menggunakan metode kualitatif-deduktif dengan pendekatan deskriptif-analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan. Analisis data dilakukan dengan interpretasi kritis terhadap bahan sumber, memilih tema, dan mensistematisasikan dan meringkas data pengamatan. Pembahasan dengan membahas tema analisis dengan teori eklektik, kemudian interpretasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa arsitektur Masjid Cheng Ho di Jawa memiliki beberapa persamaan dan perbedaan. Kesamaannya bisa dilihat dari elemen visual bentuk, elemen visual ornamen, dan elemen visual warna. Elemen visual Bentuk, Ornamen, dan warna di Masjid Cheng Ho di Jawa adalah hasil dari konsep arsitektur eklektik yang menggabungkan gaya arsitektur Islam (Arab), gaya arsitektur Jawa, dan gaya arsitektur Cina. Tema-tema pemikiran eklektisisme yang digunakan di Masjid Cheng Ho di Jawa adalah referensi sejarah, sifat, fungsi, seni, simbol, dan gagasan individu.

English Abstract

The mosque is a building or a fenced environment around it that was erected specifically as a place of worship to Allah SWT, especially for praying. Along with the development, the mosque is not only a building of houses of worship (a place of prostration or a place of prayer), but also as a social space or center of life of the Muslim community (Islamic society). The mosque not only functions as a place of prayer or place of worship, but also fulfills functions in various other aspects. As seen in the existing mosques, the architecture of the mosque building is influenced by natural conditions and the development of local and external culture. Cultural development can be seen from the history of the spread of Islam and the process of Islam's entry into the area. The mix of cultures can be seen in the architecture of the Cheng Ho Mosque building in Indonesia. There are 12 Cheng Ho Mosques in Indonesia, the most are spread on the island of Java, as many as five mosques. Five Cheng Ho Mosque in Java viz Surabaya, Pasuruan, Purbalingga, Jember, and Banyuwangi Cheng Ho Mosque are suspected of using elements and principles of Islamic architectural design, Javanese architecture and Chinese architecture. The architecture of the Cheng Ho Mosque in Java is suspected to have similarities and differences. What is the typology of visual elements in the Cheng Ho Mosque in Java? This study focuses on the visual elements of five Cheng Ho Mosques in Java and its relation to the typology of the visual elements. This research is an architectural research with constructivist paradigm, using a qualitative-deductive method with a descriptive-analytical approach. Data collection is done by field observations. Data analysis is carried out with a critical interpretation of source material, selecting themes, and systematizing and summarizing observational data. Discussion by discussing the theme of analysis with theory, then interpretation. The research findings show that the architecture of the Cheng Ho Mosque in Java has several similarities and differences. The similarity can be seen from both the visual elements of shape, visual elements of ornamentation, and color visual elements. Visual elements Forms, Ornaments, and colors at the Cheng Ho Mosque on Java are the result of an eclectic architectural concept that combines Islamic (Arabic) architectural styles, Javanese architectural styles, and Chinese architectural styles. The themes of eclecticism thought used in the Cheng Ho Mosque in Java are historical references, nature, functions, art, symbols, and individual ideas.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/946/052000341
Uncontrolled Keywords: Tipologi, elemen visual, Masjid Cheng Ho, Eklektik, Typology, visual elements, Cheng Ho Mosque, Eclectic.
Subjects: 700 The Arts > 726 Buildings for religious and related purposes > 726.2 Mosques and minarets
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Sep 2020 03:14
Last Modified: 24 Oct 2021 14:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178118
[thumbnail of INAYATUL FIKRIYAH (2).pdf]
Preview
Text
INAYATUL FIKRIYAH (2).pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item