The use of kahoot! To prevent cheating during the test at smpn 10 malang

Ajeng, Riyanti (2019) The use of kahoot! To prevent cheating during the test at smpn 10 malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini teknologi memiliki kekuatan di setiap aspek kehidupan, khususnya pada bidang pendidikan. Teknologi tidak hanya digunakan sebagai media untuk menyampaikan materi di dalam kelas tetapi juga digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa melalui tes. Selain itu, penggunaan teknologi atau media online membantu mengurangi persentasi kecurangan siswa selama melakukan tes. Ada beberapa media online yang dapat digunakan dalam sistem pendidikan seperti Quizizz, Quizlet, Kahoot! dan Socrative. Dalam penelitian ini, Kahoot! terpilih sebagai salah satu media online yang digunakan untuk melakukan tes karena Kahoot! memiliki desain yang menyenangkan, penuh warna dan didukung dengan batas waktu untuk membantu mengurangi kesempatan siswa mencontek. Subjek penelitian ini adalah SMPN 10 Malang. Sekolah ini dipilih karena telah mengaplikasikan Kahoot! sebagai sistem yang berbasis onlinekomputer untuk melakukan tes. Kemudian, sekolah ini juga memiliki fasilitas dan sistem yang baik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 8J dan salah satu guru Bahasa Inggris . Kelas ini dipilih karena Kahoot! telah diterapkan di kelas ini dan membantu mengurangi persentase kecurangan. Penelitian ini menggunakan deskriptif-kualitatif karena penelitian ini menjelaskan tentang fenomena yang terjadi dalam kehidupan nyata. Fenomena yang terjadi dalam penelitian ini adalah Kahoot! dapat mengurangi persentase kecurangan selama tes. Kemudian, data diperoleh melalui observasi, kuisioner dan wawancara. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam penggunaan Kahoot! di kelas 8J SMPN 10 Malang dapat mencegah kecurangan saat melakukan tes. Meskipun aplikasi ini tidak 100% mencegah kecurangan, tetapi Kahoot! dapat membantu mengurangi persentase kecurangan siswa selama tes berlangsung. Karena Kahoot! dilengkapi dengan batas waktu yang dapat membantu mengurangi siswa untuk mencontek yang lain. Di sisi lain, para siswa juga menyatakan bahwa mereka menikmati saat menggunakan Kahoot! dalam melakukan tes karena aplikasi ini mudah digunakan. Selain itu, sang guru dapat menambah gambar dan video untuk mendukung pernyataan dan membuat siswa merasa senang dalam setiap tes

English Abstract

Nowadays technology has its strengths in every part of life, especially in education. Technology is not only used as a media to deliver material in the classroom but it is also used to measure the level of students understanding through a test. Besides, the use of technology or online platform help to decrease the percentage of students cheating during the test. There is some online platform that used in education such as Quizizz, Quizlet, Kahoot! and Socrative. In this research, Kahoot! is chosen as one of an online platform that conducts a test because Kahoot! have a fun design, colourful and supported with a time limit that helps to decrease a chance for the student to cheat. The subject of this research is on SMPN 10 Malang. This school is chosen because it has applied Kahoot! as an online computer-based system to do a test. Then, the school also has a good facility and preparation for this system. The population of this research is 8th-grade students and one of the English Teacher. The class is chosen because Kahoot! has applied in this class and help to decrease the percentage of cheating. This research used descriptive-qualitative because this research explains the phenomenon that happens in real life. The phenomenon that happens in this research is Kahoot! can decrease the percentage of cheating during the test. Then, the data obtained through observation, questionnaire and interview. The result of this study found out that in the use of Kahoot! in class 8J of SMPN 10 Malang can prevent cheating during the test. Even though this application was not 100% prevented cheating, but Kahoot! helped to decrease the percentage of students cheating during the test. Because of Kahoot! facilitated with timer, it helped to decrease a chance for the student to cheat others. On the other hand, the students also declared that they enjoyed using Kahoot! in the test because it was simple and fun to use. Besides, the teacher could add pictures and videos to support the question and made students felt enjoy in every test

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/437/052000209
Uncontrolled Keywords: Kahoot!, Mencontek, Tes - Kahoot!, Cheating, Test
Subjects: 300 Social sciences > 373 Secondary education > 373.2 Secondary schools and programs of specific kinds, levels, curricula, focus
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 26 Oct 2020 12:13
Last Modified: 26 Oct 2020 12:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178069
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item