Pengaruh brand equity dalam prioritas pemilihan produk cosplay pada anggota komunitas cosmo di kota malang

Fajar, Fitrayana W. (2019) Pengaruh brand equity dalam prioritas pemilihan produk cosplay pada anggota komunitas cosmo di kota malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Budaya populer cosplay memunculkan peluang untuk menciptakan suatu lapangan pekerjaan baru seperti cosplayer sebagai guest star, peserta lomba yang mengincar hadiah pada event-event gelar Budaya Jepang, dan pembuat property perlengkapan cosplay. Terdapat salah satu anggota Komunitas COSMO yang senang membeli perlengkapan cosplay dengan Brand UWOWO. Brand tersebut menggunakan brand equity untuk mempengaruhi prioritas pemilihan produk cosplay pada konsumen. Brand equity terdiri dari brand association, brand awareness, percieved quality, dan brand loyality. Penelitian dilakukan di salah satu komunitas cosplay terbesar di kota Malang, yaitu Komunitas COSMO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ke-4 dimensi brand equity pada para anggota Komunitas COSMO dalam memilih perlengkapan cosplay untuk menghadapi perlombaan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori brand equity dari David Aaker. Jenis penelitian ini adalah campuran yang menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif untuk menggambarkan prioritas responden melalui variabel dan menjabarkannya dalam bentuk paragraf dengan teknik analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah 12 orang anggota Komunitas COSMO. Hasil analisis menyatakan bahwa ke-4 dimensi brand equity sedikit mempengaruhi prioritas pemilihan perlengkapan cosplay pada para anggota Komunitas COSMO, tetapi pengaruh tiap dimensi secara rinci seperti brand association dan brand awareness tidak memiliki pengaruh yang signifikan, lalu brand loyality memiliki pengaruh sedikit signifikan, sedangkan percieved quality memiliki pengaruh sangat signifikan dalam prioritas pemilihan produk cosplay para anggota Komunitas COSMO baik yang membeli maupun membuat sendiri perlengkapan cosplay-nya

Other obstract

インターネットと SNS の進歩とともに、人々が SNS で面白いことを簡単で アクセスできて、社会にとってのコスプレのような面白いポップカルチャ ーの広がり始めた。コスプレのポップカルチャーは新たな仕事を生まれさ せた、例えばエベントのコスプレゲストスターや、賞金を狙うコスプレイ ヤーや、コスプレの小道具を作ることなどがある。コスプレの評判はほか のアジア国々にどんどん広がっていて、 SOZO 株式会社のアニメフェステ ィバルアジアのイベントでインドネシアに紹介された。 そのイベントから、 コスプレが好きの人々は自分のコミュニティを立ててその中はマランにあ るコスモコミュニティだ。コスモの団員の一人は UWOWO のブランドでコス プレ商品を買うものが好きだ。そのブランドは商標価値を使って、お客様 の優先順位を影響させる。商標価値はこの4つ部分に分かれて、それはブ ランド協会と、ブランド認知度と、 知覚品質と、ブランド・ロイヤルティ ーだ。 この研究はマランにある一つの大コスプレコミュニティに行われて、 それはコスモだ。この研究は商標価値の影響に対するコスモ団員の競争の ためのコスプレ商品優先順位を選択するの準備を調べる。 本研究では、ダヴィッド・アーカーの商標価値の理論を使用した。研究方 法は定性的と定量的を混ぜて記述分析技法を使用した。 結果は、4つの商標価値部分がコスモ団員の優先順位に小さな影響を与え る。この個別の影響に与えて、 ブランド協会と、ブランド認知度はあまり 影響を与えなくて、そしてブランド・ロイヤルティーはちょっと影響を与 える、それで知覚品質は大影響を与える

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/448/052000220
Uncontrolled Keywords: Budaya Populer Jepang, Cosplay, Komunitas COSMO, Brand, Brand Equity
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 10 Nov 2020 19:11
Last Modified: 10 Nov 2020 19:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178060
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item