Restorasi Hutan Mangrove Sebagai Kawasan Ekowisata Bahari Di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan

Evana, Siti (2019) Restorasi Hutan Mangrove Sebagai Kawasan Ekowisata Bahari Di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mangrove merupakan kelompok tumbuhan terdapat di sepanjang pantai atau muara sungai yang dipengaruhi pasang surut air laut. Kawasan mangrove di Desa Sidomulyo memiliki tutupan dan pemanfaatan lahan yang murni tanpa adanya pemanfaatan untuk fungsi lain. Kegiatan pemanfaatan ekosistem mangrove yang berlangsung optimal dan berkelanjutan memerlukan suatu perencanaan dan pengelolaan. Penelitian ini dilaksanakan pada 9-11 dan 17-18 November 2018 di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi vegetasi ekosistem mangrove, mengetahui kesesuaian hutan mangrove dan daya dukung kawasan untuk ekowisata, serta merumuskan langkah-langkah strategis untuk merestorasi ekosistem mangrove yang mendukung kegiatan ekowisata di wilayah Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Dalam penelitian ini menggunakan dua jenis data, berupa Primer dan Sekunder. Pengambilan data secara primer dengan observasi langsung di lapangan dan analisa menggunakan rumus-rumus terkait. Data primer berupa data ekosistem, vegetasi mangrove, dan data kualitas perairan. Data sekunder berupa hasil kuisioner yang diajukan kepada pengunjung, pengelola, dan masyarakat sekitar. Analisa data berupa analisa vegetasi mangrove, analisa kesesuaian wilayah dan daya dukung kawasan, serta analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini yaitu kondisi vegetasi mangrove di Desa Sidomulyo belum dapat dikatakan baik. Analisa Indeks Kesesuaian lahan untuk ekowisata di wilayah ini didapatkan hasil sebesar 1,47 atau tidak sesuai. Sementara itu, hasil analisa daya dukung kawasan menunjukkan daya tampung kawasan untuk ekowisata mangrove adalah sebesar 160 orang per hari. Hasil analisis menggunakan matriks SWOT didapatkan rumusan prioritas alternatif strategi yaitu meningkatkan upaya pengelolaan hutan mangrove melalui kegiatan ekowisata. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa wilayah ini memerlukan pengelolaan yang baik untuk dapat dijadikan kawasan ekowisata yang mumpuni.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/948/052000083
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 577 Ecology > 577.6 Aquatic ecology > 577.69 Saltwater wetland and seashore ecology > 577.698 Mangrove swamp ecology
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 12 Nov 2020 16:53
Last Modified: 19 Apr 2022 07:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177952
[thumbnail of SITI EVANA (2).pdf] Text
SITI EVANA (2).pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item