Analisis Kandungan Mikroplastik Pada Air Dan Garam Di Area Tambak Garam Di Surabaya, Jawa Timur

Diyanti, Denissa Trista (2019) Analisis Kandungan Mikroplastik Pada Air Dan Garam Di Area Tambak Garam Di Surabaya, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan plastik terus meningkat sebagai bahan baku pembuatan barang karena sifatnya yang ringan dan kuat dengan biaya produksi yang rendah. Peningkatan penggunaan plastik yang tidak dikelola dengan baik dapat menjadi ancaman bagi ekosistem laut. Salah satu limbah plastik yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem laut adalah mikroplastik, yakni partikel plastik yang berukuran kurang dari 5 mm. Adanya mikroplastik di lingkungan laut dapat menyebabkan produk laut yang dikonsumsi manusia juga terkontaminasi mikroplastik. Garam laut diproduksi dengan metode kristalisasi air laut dengan bantuan angin dan sinar matahari, sehingga garam laut berpotensi mengandung mikroplastik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kelimpahan dan jenis mikroplastik pada perairan dan garam di area tambak garam di Surabaya, Jawa Timur. Selain itu, juga untuk mengetahui hubungan kelimpahan mikroplastik yang ada pada perairan dan garam. Pengambilan sampel dilakukan di lokasi tambak garam di Surabaya, Jawa Timur yakni yang terletak di Kecamatan Benowo dan Pakal. Pengambilan sampel perairan dilakukan menggunakan plankton net dengan volume saring 15 L, sedangkan pengambilan sampel garam diambil pada tumpukan garam yang telah dipanen dengan berat 250 gram. Setelah itu, sampel diolah di laboratorium dengan beberapa tahapan yaitu preparasi sampel, pemisahan/floatasi plastik berdasarkan berat jenis, penghancuran bahan organik dengan menggunakan hidrogen peroksida, penyaringan, dan identifikasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji one way ANOVA serta uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata total kelimpahan sebesar 2651,9 partikel/m³ pada perairan dan sebesar 110,9 partikel/kg pada garam. Terdapat tiga jenis mikroplastik yang ditemukan pada kedua jenis sampel dalam penelitian ini, yaitu mikroplastik jenis film, fiber dan fragmen. Kelimpahan jenis mikroplastik paling tinggi ditemukan pada stasiun yang menggunakan terpal dengan kualitas rendah serta berdekatan dengan tempat pembuangan sampah. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kelimpahan mikroplastik pada air laut dan kelimpahan mikroplastik pada garam. Hal tersebut berarti partikel mikroplastik yang ditemukan pada garam dapat berasal dari partikel yang ada di air.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/1004/052000110
Subjects: 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.7 Environmental problems > 363.72 Sanitation > 363.728 Wastes > 363.728 8 Specific kinds of wastes
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 15 Nov 2020 16:17
Last Modified: 15 Nov 2020 16:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177948
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item