CSR Dan Kinerja Keuangan Serta Peran Mediasi Loyalitas Pelanggan, Reputasi Perusahaan Dan Reputasi CEO (Studi Pada Perusahaan Listing Di Bei Tahun 2013 - 2017)

Setiawan, Ricky Yunisar (2019) CSR Dan Kinerja Keuangan Serta Peran Mediasi Loyalitas Pelanggan, Reputasi Perusahaan Dan Reputasi CEO (Studi Pada Perusahaan Listing Di Bei Tahun 2013 - 2017). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan CSR terhadap kinerja keuangan serta peran mediator loyalitas pelanggan, reputasi perusahaan, dan reputasi CEO. Penelitian ini menggunakan data yang dikumpulkan pada tahun 2013-2017 dari perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan beberapa kriteria hingga menghasilkan 20 perusahaan sebagai sampel penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa pelaksanaan CSR sebagai strategi bisnis perusahaan tidak memiliki dampak terhadap peningkatan kinerja keuangan. Perbedaan kepentingan menyebabkan pelaksanaan CSR yang tidak optimal, sehingga tidak memiliki dampak terhadap peningkatan kinerja keuangan. Hasil akhir penelitian ini menemukan bahwa CSR mampu meningkatkan kinerja keuangan melalui peningkatan loyalitas pelanggan. Sebab, pelanggan akan terlibat dalam hubungan relasional yang mendukung perusahaan yang terlibat dalam kegiatan sosial lingkungan. Reputasi perusahaan dan reputasi CEO tidak memediasi hubungan CSR dan kinerja keuangan. Sebab, dalam pelaksanaan CSR, perusahaan kurang memperhatikan konstituen utamanya sehingga tidak memberikan dampak terhadap reputasi perusahaan. Pelaksanaan CSR juga seringkali menjadi tindakan egoistik CEO untuk pencitraan pribadi daripada menguntungkan kepentingan perusahaan.

English Abstract

This research aims to identify the association between CSR and financial performance and the role of customer loyalty, corporate reputation, and CEO reputation using the data collected from companies registered on Indonesia Stock Excange (IDX) in the period of 2013-2017. Using purposive sampling technique with several criteria, 20 companies were selected as the research sample. The result of the multiple linear regression analysis used in this research provides empirical evidences that the implementation CSR as a corporate business strategy does no increase financial performance. Interest gaps have led to the suboptimal execution of CSR, causing failure in improving financial performance. The final result of this research shows that CSR is able to improve financial performance through enhanced customer loyalty since costumer are involved in relational function that support companies that are engaged in environmental social activities. Corporate reputation and CEO reputation do not mediate the relations between CSR and financial performance because companies take a little notice on their major constituents during the CSR implementation, thus corporate reputation is not affected. The CSR implementation is frequently the CEO’s egoistical act of personal rather than corporate imagery.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.408/SET/c/2019/041901974
Uncontrolled Keywords: SOCIAL RESPONSIBILITY OF BUSINESS, CONSUMER BEHAVIOR - SOCIAL ASPECTS
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.408 Social responsibility of executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Jan 2020 07:27
Last Modified: 10 Jan 2020 07:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177778
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item