Distribusi Vertikal Fitoplankton Perairan Di Ranu Klakah Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang Jawa Timur

Dewi, Diaz Hikmah Monicha (2019) Distribusi Vertikal Fitoplankton Perairan Di Ranu Klakah Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Distribusi fitoplankton di suatu perairan baik spasial maupun temporal mempunyai beberapa variasi. Pergerakan fitoplankton sangat pasif terbawa arus danmelayang pada kolom air. Arus maupun angin yang terjadi di suatu perairan juga akan menyebabkan perbedaan distribusi plankton. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk Mengetahui komunitas dan kelimpahan fitoplankton serta Mengetahui pola distribusi vertikal fitoplankton di Ranu Klakah, Lumajang, Jawa Timur. Nilai rata – rata kelimpahan fitoplankton adalah 179.229 ind/ml dan Komunitas fitoplankton di Ranu Klakah selama penelitian terdiri 4 phylum yaitu Chlorophyta (12 genus), Charophyta (1 genus), Chrysophyta (4 genus), dan Cyanophyta (4 genus). Stasiun I (daerah dekat pertanian) nilai rata-rata 32.671 ind/ml yang merupakan salah satu inlet Ranu Klakah memiliki kelimpahan rendah, diduga terkait dengan habitatnya yang masih bersifat mengalir (Iotic). Pada stasiun 2 nilai rata – rata 24.010 ind/ml dan didominasi oleh cyanophyta hal ini dikarenakan stasiun ini merupakan daerah keramba jaring apung yang membawa banyak unsur hara tingginya rasio N dapat disebabkan oleh endapan sisa pakan maupun kotoran ikan dari hasil budidaya (KJA) yang selanjutnya mengalami dekomposisi atau penguraian. Pada stasiun 3 nilai rata – rata 122.548 ind/ml didominasi oleh chlorophyta, jika perairan di dominasi oleh klas chlorophyta maka perairan tersebut cenderung baik untuk perairan, karena tidak terlalu banyak mendapat masukan dari unsur hara.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/922/052000073
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 578 Natural history of organism and related subjects > 578.7 Organisms characteristic of specific kinds of environments > 578.776 Plankton
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 13 Nov 2020 15:33
Last Modified: 10 Aug 2022 07:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177758
[thumbnail of DIAZ HIKMAH MONICHA DEWI (2).pdf] Text
DIAZ HIKMAH MONICHA DEWI (2).pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item