Qalbin, Faris Izzatur (2019) Analisis Strategi Pengembangan Usaha Abon Ikan Lele (Clarias Sp). Dengan Menggunakan Metode Swot Studi Kasus Pada Ukm Sahabat Pangan Di Desa Klayatan Kelurahan Bandungrejosari Malang , Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kebutuhan masyarakat terhadap konsumsi ikan semakin lama semakin penting, maka kiranya wajar untuk selalu mengembangkan potensi ikan sebagai sumber pangan hewani bagi masyarakat. Untuk merealisasikan target tersebut diperlukan upaya diversifikasi produk olahan ikan untuk meningkatkan minat/selera masyarakat yaitu seperti abon ikan lele. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kelayakan usaha abon Ikan Lele berdasarkan aspek finansiil dan aspek nonfinansiil, Faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi usaha, menyusun usaha abon Ikan Lele dengan menggunakan analisis SWOT, merumuskan strategi yang dapat diterapkan dalam usaha pengembangan abon Ikan Lele. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian Skripsi ini dilaksanakan pada bulan september 2019 di UKM. Sahabat Pangan Kelurahan Klayatan, Malang. Tujuan dari penelitian skripsi ini yaitu untuk mengetahui kelayakan usaha abon Ikan Lele berdasarkan aspek finansiil (modal, biaya, penerimaan, RC Ratio, keuntungan, Analisis Break Event Point (BEP), rentabilitas, Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Profitability Index (PI), Payback Period (PP) dan aspek nonfinansiil (aspek teknis, aspek manajemen, dan aspek pemasaran). Mengetahui faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi usaha. Menyusun usaha abon Ikan Lele dengan analisis SWOT dan BCG UKM sahabat pangan. Merumuskan strategi yang dapat diterapkan dalam usaha Ikan Lele. Tinjauan pustaka sebagai pedoman dalam penyusunan skripsi ini yaitu terdiri dari strategi pemasaran, pengertian ikan lele, abon ikan, manfaat abon ikan, aspek teknis, aspek manajemen, aspek pemasaran, aspek finansiil, analisis SWOT, Definisi SWOT, buston consulting grob, penelitian terdahulu, dan kerangka pikir. Metode pengumpulan data dalam pelaksanaan penelitian skripsi adalah pertama penelitian lapang dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kedua dengan penelitian kepustakaan melalui membaca beberapa buku literatureliteratur, mengumpulkan dokumen, arsip, maupun catatan penting. Berdasarkan metode pelaksanaan yang telah diterapkan akan memperoleh jenis data berupa data kuantitatif dan data kualitatif serta sumber data yang diperoleh berdasarkan data primer dan data sekunder. Jenis data primer didapatkan dari kegiatan penelitian lapang, melakukan observasi selama kegiatan produksi serta melakukan wawancara kepada narasumber yang bisa memberikan informasi yang dibutuhkan. Data yang telah didapatkan akan dianalisis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan analisis data deskriptif kuantitatif. Serta untuk mengidentifikasikan teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini, maka definisi operasional yang dikemukakan adalah pemasaran, strategi pemasaran, SWOT, dan matriks BCG. Keadaan umum lokasi penelitian yaitu kota Malang merupakan salah satu kota yang berada di propinsi jawa timur, terletak antara 112,060 – 112,070 Bujur Timur7 dan 7,060 – 8,020 Lintang Selatan, dengan ketinggian antara 440-667 meter diatas permukaan laut. Lokasi penelitian berada di Kelurahan Bandungrejosari yang jumlah penduduknya sebanyak 30.133. Mata pencaharian penduduk Kelurahan Bandungrejosari sebagai buruh, bidang perikanan, perdagangan, jasa kemasyarakatan, pemerintah, pelajar / mahasiswa. Keadaan perikanan di Kelurahan Bandungrejosari sudah banyak kelompok pembudidaya terutama ikan lele. UKM Sahabat Pangan merupakan usaha pengolahan abon lele di kota malang yang berdiri pada tahun 2014 dengan berbagai macam olahan ikan lele berupa abon lele, kerupuk lele, dawet lele dan rengginang lele. Aspek teknis yang dibahas dalam penulisan skripsi ini yaitu meliputi sarana dan prassarana produksi serta proses produksi mulai dari persiapan sampai dengan pemasaran. Aspek manajemen yang dibahas yaitu perencanaan dengan mencatat jumlah permintaan, pengorganisasian dengan membuat struktur organisasi untuk mempermudah tugas, pergerakan dengan melakukan proses produksi, pengawasan dengan memberikan motivasi kepada karyawan. Aspek Pemasaran dengan memperhatikan saluran pemasaran, daerah pemasaran, bauran pemasaran, segmentasi ,targeting, positioning. Aspek finansiil yang dibahas yaitu analisis jangka pendek terdiri dari permodalan, biaya produksi, penerimaan, revenue cost ratio, keuntungan, zakat, rentabilitas, break event point, margin pemasaran, efisiensi pemasaran dan analisis jangka panjang terdiri dari net present value (NPV), Net B/C, Internal rate Of Return (IRR), payback period (PP), analisis sensitivitas. Analisis factor internal terdiri dari kekuatan dan kelemahan dan factor eksternal terdiri dari peluang dan ancaman. Matriks SWOT berdasarkan hasil analisis faktor internal dan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi usaha. Berdasarkan analisis diagram SWOT UKM Sahabat Pangan berada di kuadran I yang artinya masih dikategorikan sebagai usaha yang menguntungkan. Berdasarkan analisis SWOT UKM Sahabat Pangan yaitu implenmetasi strategi yang dapat dilakukan UKM Sahabat Pangan agar dapat memanfaatkan peluang yang ada dengan kekuatannya dan semaksimal mungkin..
English Abstract
-
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPIK/2019/952/052000049 |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 597 Cold-blooded vertebrates > 597.4 Miscellaneous superorders of Actinopterygii |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 02:49 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 03:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177745 |
Preview |
Text
FARIS IZZATUR QALBIN.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |