Karakteristik Fisikokimia Isolat Protein Kepala Ikan Makarel (Scomber Japonicus) Yang Diproduksi Dengan Metode Isoelectric Solubilisation/Precipitation (Isp)

Varqani, Nurul Al (2019) Karakteristik Fisikokimia Isolat Protein Kepala Ikan Makarel (Scomber Japonicus) Yang Diproduksi Dengan Metode Isoelectric Solubilisation/Precipitation (Isp). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produksi ikan kaleng menghasilkan hasil samping berupa kepala ikan dan isi perut ikan. Sekitar ¾ dari total berat ikan yang diolah berupa limbah ikan. Limbah ikan yang berupa tulang, kulit, sisik, sirip, kepala, dan jeroan masih menjadi salah satu permasalahan besar di industri pengolahan. Limbah ikan tersebut dapat mencemari lingkungan padahal kandungan proteinnya cukup tinggi Limbah kepala ikan makarel dari hasil produksi pengalengan mencapai 9,8% dari total rendemen. Sehingga mengolah limbah ikan menjadi suatu produk dapat menjadi salah satu solusi dalam mengurangi pencemaran lingkungan dan mengoptimalkan pemanfaatan limbah hasil perikanan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Juli 2019 di Laboratorium Perekayasaan Hasil Perikanan, Laboratorium Keamanan Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Laboratorium Pengujian Mutu dan Keamanan Pangan Fakultas Teknologi Pertanian, Laboratorium PT. Saraswanti Indo Genetech Bogor dan Laboratorium Sentral Ilmu Hayati (LSIH) Universitas Brawijaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan pH terhadap karakteristik fisikokimia isolat protein kepala ikan makarel dan mengetahui pH optimal untuk menghasilkan isolat protein kepala ikan makarel (Scomber japonicus) dengan metode isoelectric solubilisation/precipition (ISP). Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dan deskriptif. Sampel kepala ikan makarel diambil dari PT. Kelola Mina Laut, Gresik. Langkah pertama penelitian ini adalah membuat isolat protein dengan perbedaan rasio pada pengencer dan dengan pH berbeda kemudian dilakukan uji fisik yang meliputi uji warna, uji kimia yang meliputi uji proksimat, uji asam amino dan uji bobot molekul. Data uji tersebut dianalisis menggunakan software Statistical Product and Service Solution (SPSS) 16 dengan uji Tukey sebagai uji lanjut. Hasil penelitian menunjukkan pembuatan isolat protein kepala ikan makarel (Scomber japonicus) menggunakan pH kelarutan yang berbeda memberikan pengaruh yang nyata terhadap karakteristik isolat protein kecuali kadar air dan kadar abu. Isolat protein kepala ikan makarel terbaik didapatkan pada perlakuan pH 11,5. Karakteristik pada perlakuan terbaik meliputi rendemen 42,72%, kadar protein 70,32%, kadar air 14,29%, kadar lemak 5,55%, kadar abu 0,73% dan kadar karbohidrat 9,11%, derajat keputihan 32,16, dengan kandungan total asam amino esensial sebesar 52,40% serta berat molekul pada kisaran 16,73 kDa sampai 92,94 kDa. Saran yang dapat diberikan yaitu perlu adanya penelitian lanjutan terhadap isolat protein berbahan baku limbah hasil perikanan untuk kebutuhan konsumsi dan perlunya penelitian yang mendalam karena belum adanya standar yang ditetapkan untuk isolat protein ikan yang baik.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/920/052000033
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.083 Care, maintenance, training > 636.083 8 Animal waste management / Animal waste--Management / Animal waste--Environmental aspects
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 28 Jul 2020 06:37
Last Modified: 16 Aug 2020 02:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177738
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item