Efek Halo : Pengaruh Pengungkapan Csr Terhadap Kinerja Dan Nilai Perusahaan, Serta Stakeholder Sebagai Pemoderasi

Mawardi, Fahmi Dwi (2019) Efek Halo : Pengaruh Pengungkapan Csr Terhadap Kinerja Dan Nilai Perusahaan, Serta Stakeholder Sebagai Pemoderasi. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara empiris pengaruh pengungkapan CSR terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan serta peran kelompok stakeholder sebagai variabel moderasi. Penungkapan CSR diproksikan dengan ulasan pihak ketiga laporan CSR. Kinerja keuangan dan nilai perusahaan diukur menggunakan ROA dan Tobins Q yang terbagi menjadi dua subsample yaitu superior dan inferior. Peran kelompok stakeholder diproksikan dengan kelompok pelanggan yang diukur dengan total penjualan dan kelompok karyawan yang diukur dengan total karyawan. Sampel yang digunakan adalah 55 Perusahaan dari 501 populasi perusahaan yang terdaftar di BEI pada periode 2014-2017.Penelitian ini menggunakan metode moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan pada posisi superior dan inferior. Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa stakeholder pelanggan memoderasi hubungan antara pengungkapan CSR dengan kinerja keuangan dan nilai perusahaan pada posisi superior, tetapi tidak dapat memoderasi pada posisi inferior. Stakeholder karyawan mampu memoderasi hubungan pengungkapan CSR dengan nilai perusahaan pada posisi inferior, tetapi tidak memoderasi pada posisi superior, sedangkan pada posisi superior stakeholder karyawan juga tidak dapat memoderasi hubungan pengungkapan CSR dengan kinerja keuangan dan nilai perusahaan.

English Abstract

This study aims to empirically analyze the influence of CSR disclosure on financial performance and company’s value and the role of stakeholder in moderating the influence. CSR disclosure is proxied by third-party’s reviews on CSR reports, while financial performance and company’s value are measured using ROA and Tobin’s Q, which is divided into two subsamples: superior and inferior. The role of stakeholder is proxied by customers, which is measured using total sales, and employees, which is measured using total employees. The sample of this study is 55 companies, selected from the population of 501 companies listed in the Indonesia Stock Exchange in the period of 2014-2017. Using Moderated Regression Analysis (MRA), this study finds that CSR disclosure influences financial performance and company’s value from superior and inferior positions. The results also reveal that customers moderate the effect of CSR disclosure on financial performance and company’s value in superior positions, but it does not moderate the effect in inferior position. Employees moderate the effect of CSR disclosure on company’s value in inferior position, but it does not moderate the effect in superior position. Furthermore, employees in superior position do not moderate the effect of CSR disclosure on financial performance and company’s value.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/654.408/MAW/e/2019/041905130
Uncontrolled Keywords: SOCIAL RESPONSIBILITY OF BUSINESS
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 654.408 Social Responsibility of Management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Jan 2020 02:13
Last Modified: 21 Jan 2022 07:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177685
[thumbnail of Fahmi Dwi Mawardi (2).pdf]
Preview
Text
Fahmi Dwi Mawardi (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item