Analisis Potensi Kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya Untuk Pengembangan Kebun Raya Mangrove

Novitasari, Erien (2019) Analisis Potensi Kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya Untuk Pengembangan Kebun Raya Mangrove. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ekowisata adalah suatu kegiatan berwisata yang memanfaatkan sumbersumber alam atau daerah-daerah yang relatif belum berkembang dengan bercirikan sebagai berikut yaitu mempromosikan konservasi alam, memberikan dampak sesedikit mungki terhadap lingkungan serta memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat (Cebellos-Lascurain, 1996). Kawasan ekowisata mangrove Wonorejo merupakan kawasan wisata mangrove yang terletak di Kota Surabaya. Kedua kawasan tersebut memiliki potensi yang masih bisa dikembangkan, oleh karena itu pemerintah beserta pegelola wisata akan menjadikan sepanjang pantai timur Surabaya sebagai kebun raya mangrove, tetapi untuk saat ini hanya kawasan Wonorejo yang dikembangkan menjadi kebun raya mangrove. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji kondisi kawasan, menganalisis kesesuaian kawasan serta memberi rekomendasi penataan zonasi sebagai bagian dari strategi pengembangan kawasan. Penelitian dilakukan pada bulan Maret 2019 di ekowisata mangrove Wonorejo Surabaya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan mengumpulkan data primer dan sekunder, metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan mengambil 7 stasiun. Variabel data yang diambil ada 11 setelah itu dilakukan skoring dengan menggunakan matriks kesesuaian dan matriks penilaian overlay kawasan, setelah itu dilakukan analisis data dan analisis zonasi. Hasil skoring yang didapatkan pada Wonorejo dari stasiun 1 – 7 mendapatkan hasil “Layak”. Hasil analisis zonasi dan rekomendasi pada Wonorejo pada stasiun 1 termasuk pada zona rehabilitasi, sedangkan stasiun 2 – 7 termasuk pada zona pemanfaatan pariwisata. Kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo termasuk layak untuk dijadikan ekowisata tetapi tidak untuk dijadikan kebun raya mangrove, kembali mengingat konsep kebun raya yaitu tidak melibatkan masyarakat dan juga Ekowisata Mangrove Wonorejo saat ini ramai dengan pengunjung. Penelitian ini hanya sampai sebatas penentuan rekomendasi zonasi untuk dijadikan kebun raya mangrove, saran untuk penelitian selanjutnya yaitu harus ada penelitian lanjutan seperti analisis SWOT.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/980/052000016
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 577 Ecology > 577.6 Aquatic ecology > 577.69 Saltwater wetland and seashore ecology > 577.698 Mangrove swamp ecology
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Nov 2020 05:11
Last Modified: 21 Oct 2021 06:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177658
[thumbnail of ERIEN NOVITASARI (2).pdf]
Preview
Text
ERIEN NOVITASARI (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item