Efektivitas Kegiatan Knowledge Sharing oleh Pustakawan (Studi pada Perpustakaaan Universitas Sebelas Maret)

Virani, Galuh Ajeng (2019) Efektivitas Kegiatan Knowledge Sharing oleh Pustakawan (Studi pada Perpustakaaan Universitas Sebelas Maret). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Efektivitas merupakan salah satu bentuk tolak ukur dari sebuah keberhasilan pencapain program kegiatan yang dilakukan oleh organisasi. Begitupun halnya dengan organisasi perpustakaan yang memiliki berbagai macam bentuk kegiatan yang dapat diukur tingkat efektivitasnya termasuk kegiatan knowledge sharing dengan terencana. Knowledge sharing tersebut meliputi kegiatan seminar, workshop, magang akademik dan librarian tour. Definisi dari knowledge sharing itu sendiri adalah sebuah kegiatan yang di dalamnya terdapat proses transfer pengetahuan dan kemudian memunculkan pemahaman baru kepada individu lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan knowledge sharing yang dilakukan oleh perpustakaan UNS sudah dapat dikatakan efektif dan tidak dengan menggunakan kriteria tolak ukur efektivitas dari Siagian. Peneliti memilih judul ini bertujuan untuk melihat seberapa efektifnya kegiatan knowledge sharing yang dilakukan oleh pustakawan di perpustakaan UNS. Rumusan masalah dari penelitian ini ada 2 point pembahasan yaitu : 1. Bagaimana efektivitas kegiatan knowledge sharing oleh pustakawan di Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta? dan 2. Apakah tantangan dan solusi dalam pelaksanaan knowledge sharing? Kemudian untuk tujuan dari penelitian ini sendiri antara lain : 1.Untuk mendeskripikan dan mengukur efektivitas kegiatan knowledge sharing yang dilaksanakan di Perpustakaan Universitas Sebelas Maret, dan 2. Untuk menganalisis tantangan dan menemukan solusi dalam pelaksanaan knowledge sharing di Perpustakaan Universitas Sebelas Maret. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pemilihan metode penelitian ini dimaksudkan agar data yang diperoleh menjawab tolak ukur yang tercantum dalam teori yang digunakan oleh peneliti. Hasil peneltian menunjukan bahwa kegiatan knowledge sharing di perpustakaan UNS dikatakan belum efektif dikarenakan terdapat 4 kriteria tidak mendukung dan bersifat lemah yaitu pada kejelasan tujuan, proses analisis, perencanaan yang matang dan sistem pengawasan. Sedangkan untuk pendukungnya terletak pada 3 kriteria lainnya yaitu, kejelasan strategi, penyusunan program, dan tersedianya sarana dan prasarana. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.

English Abstract

Effectiveness is one form of benchmarks of a successful achievement of the program activities carried out by the organization. Likewise, library organizations that have various types of activities that can be measured in terms of effectiveness include planned knowledge sharing activities. Knowledge sharing includes seminars, workshops, academic internships and tour librarians. The definition of knowledge sharing itself is an activity in which there is a process of transfer of knowledge and then brings new understanding to other individuals. This study aims to determine the knowledge sharing activities carried out by the UNS library can be said to be effective and not by using the criteria for measuring the effectiveness of Siagian. Researchers chose this title aims to see how effective the knowledge sharing activities carried out by librarians in the UNS library. The formulation of the problem of this research has 2 points of discussion, namely: 1. How is the effectiveness of knowledge sharing activities by librarians in the Sebelas Maret University Surakarta Library? and 2. What are the challenges and solutions in implementing knowledge sharing? Then for the purpose of this research itself, among others: 1. To describe and measure the effectiveness of knowledge sharing activities carried out in the Sebelas Maret University Library, and 2. To analyze the challenges and find solutions in the implementation of knowledge sharing in the Sebelas Maret University Library. Researchers used qualitative research methods with a descriptive approach. The selection of this research method is intended so that the data obtained answers the benchmarks listed in the theory used by researchers. The results of the research show that the knowledge sharing activities in the UNS library are said to be ineffective because there are 4 criteria that are not supportive and are weak, namely the policy objectives, analysis process, careful planning and supervision system. As for the supporters lies in the 3 other criteria, namely, clarity of strategy, preparation of programs, and the availability of facilities and infrastructure. Researchers used descriptive research methods with a qualitative approach.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/758/052000113
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Perguruan Tinggi, Knowledge sharing, Platform Knowledge sharing, Pustakawan-Accademic Library, Knowledge sharing, Knowledge sharing’s platform, Librarians
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 021 Realtionships of libraries, archives, information centers > 021.2 Relationship with the community
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 03 Nov 2020 03:54
Last Modified: 21 Oct 2021 02:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177647
[thumbnail of Galuh Ajeng Virani.pdf]
Preview
Text
Galuh Ajeng Virani.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item