Persepsi Pelaku UMKM Tentang PP No. 23 Tahun 2018 Dalam Mendukung Pertumbuhan Bisnis UMKM (Studi Pada Pelaku UMKM Industri Kreatif Subsektor Fashion Bisnis Konvensional, E-commerce dan Konvensional Berbasis Online di Kota Malang)

Radiska, Clarita Amalia (2019) Persepsi Pelaku UMKM Tentang PP No. 23 Tahun 2018 Dalam Mendukung Pertumbuhan Bisnis UMKM (Studi Pada Pelaku UMKM Industri Kreatif Subsektor Fashion Bisnis Konvensional, E-commerce dan Konvensional Berbasis Online di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kehidupan manusia saat ini sedang memasuki era baru, yaitu orbit ekonomi pengetahuan atau orbit ekonomi kreatif. Pada orbit ini tuntutan akan keunggulan kreasi dan inovasi lebih dominan. Dalam hal model mengembangan ekonomi kreatif ini dikira sangat tepat diterapkan dalam model UMKM di Indonesia. Salah satu alasan pengembangan UMKM berbasis industri kreatif adalah adanya dampak positif yang berpengaruh pada kehidupan sosial, iklimbisnis, dan peningkatan ekomoni. Seiring dengan perkembangan era ekonomi kreatif juga, diikuti dengan perkembangan teknologi informasi (TI). Pemanfaatan teknologi informasi dalam menjalankan bisnis ini sering dikenal dengan istilah e-commerce. Fenomena e-commerce mengubah proses pemasaran UMKM yang sebelumya dilakukan secara konvensional beralih ke model pemasaran melalui system digital. Tidak lepas dari dunia perpajakan, pelaku UMKM tentunya juga tergolong sebagai wajib pajak yang sudah seharusnya patuh dan memenuhi kewajiban perpajakannya. Pajak UMKM tentunya tak lepas dengan berlakunya PP No. 23Tahun 2018 yang dikenal dengan pajak UMKM. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data diperoleh dari hasil wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan pada situs penelitian. Sumber dan jenis data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dari melalui wawancara yang dilakukan terhadap para wajib pajak pelaku UMKM bisnis konvensional, e-commerce, dan konvensional berbasis onlineserta data sekunder diperoleh dari data-data dari jurnal dan peneliti sebelumnya. Metode analisis data yang digunakan berdasarkan Miles dan Huberman (1992) yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1). Penerapan PP No. 23 Tahun 2018 ini belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya wp khususnya para pelaku UMKM yang menjadi sasaran dari penerapan PP ini belum mengetahui tentang adanya penerapan PP ini sendiri. 2). Persepsi para wp pelaku UMKM tentang penerapan PP No. 23 Tahun 2018 dalam mendukung pertumbuhan bisnis UMKM para informan yang telah mengetahui adanya penerapan peraturan ini merasa diringankan dengan tarif baru pada peraturan ini, dan juga menganggap bahwa dapat memajukan usaha yang mereka jalani karena tarif ini tidak terlalu mempengaruhi keuntungan atau omset usaha mereka. Dan untuk informan yang belum mengetahui penerapan PP ini dan mereka memberikan persepsi setelah peneliti mencoba menjelaskan tentang PP No. 23 Tahun 2018, mereka mengapresiasi adanya peraturan dengan tarif baru ini, dan juga mereka tertarik akan membayar pajak atas usaha mereka setelah mengetahui adanya penerapan PP No. 23 Tahun 2018. 3). Para pelaku UMKM juga mengharapkan sosialisasi dan pendampingan untuk mendapatkan informasi dan pembelajaran mengenai peraturan perpajakan khususnya bagi UMKM.

English Abstract

Human life is now entering a new era, namely the orbit of knowledge economy or creative economy orbit. In this orbit the demands for superiority of creation and innovation are more dominant. In terms of this creative economy development model it is thought to be very appropriate to be applied in the SMEs model in Indonesia. One reason for the development of SMEs based on the creative industries is the positive impact that has an effect on social life, business development, and economic improvement. Along with the development of the era of the creative economy as well, followed by the development of information technology (IT). The use of information technology in conducting business is often known as e-commerce. The e-commerce phenomenon is changing the marketing process of SMEs that were previously conventionally switched to marketing models through digital systems. Not separated from the world of taxation, SMEs certainly also classified as taxpayers who are supposed to be obedient and fulfill their tax obligations. SMEs tax certainly cannot be separated from the enactment of Government Regulation Number 23 year 2018which is known as the SMEs tax. This type of research used in this research is qualitative research using a descriptive approach. Data obtained from interviews, documentation, and literature studies on research sites. Sources and types of data used are primary data obtained through interviews conducted with taxpayers of conventional, e-commerce, and conventional business-based SMEs businesses as well as secondary data obtained from data from previous journals and researchers. Data analysis methods used are based on Miles and Huberman (1992), namely data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research are: 1). Application of Government Regulation Number 23 year 2018this has not been fully implemented well. This is proven by the fact that there are still a lot of wp especially the SMEs who are the target of the application of this PP do not know about the existence of the application of this Government Regulation Number 23 year 2018itself. 2). Perception of UMKM actors regarding the implementation of Government Regulation Number 23 year 2018in supporting the growth of MSME business, the informants who were aware of the application of this regulation felt relieved by the new tariffs on this regulation, and also considered that they could advance their businesses because these rates did not greatly affect the profits or turnover of their businesses. And for informants who do not know the application of this PP and they provide a perception after researchers try to explain about Government Regulation Number 23 year 2018, they appreciate the existence of regulations with this new tariff, and also they are interested in paying taxes on their businesses after learning of the application of Government Regulation Number 23 year 2018. 3). The SMEs also expect socialization and assistance to get information and learning about tax regulations, especially for MSMEs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/755/051911477
Uncontrolled Keywords: Persepsi,UMKM Industri Kreatif, PP NO. 23 Tahun 2018-Perception, SMEs Creative Industries, Government Regulation Number 23 year 2018
Subjects: 300 Social sciences > 339 Macroeconomics and related topics > 339.5 Macroeconomic policy
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 Nov 2020 03:18
Last Modified: 21 Oct 2021 02:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177599
[thumbnail of Clarita Amalia Radiska.pdf]
Preview
Text
Clarita Amalia Radiska.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item