Pengaruh Pembiayaan Murabahah, Lama Usaha, Dan Umur Terhadap Pendapatan Usaha Anggota Koperasi Syariah Agro Niaga Indonesia Cabang Merjosari Kota Malang

Bagus, Zaki Hibatullah Kardina (2019) Pengaruh Pembiayaan Murabahah, Lama Usaha, Dan Umur Terhadap Pendapatan Usaha Anggota Koperasi Syariah Agro Niaga Indonesia Cabang Merjosari Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lembaga keuangan di Indonesia memiliki peran salah satunya adalah membantu para pelaku usaha dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya melalaui bantuan permodalan dalam bentuk pembiayaan. Koperasi Syariah Agro Niaga Indonesia (KANINDO) cabang Merjosari merupakan lembaga keuangan mikro yang kegiatan usahanya menggunakan prinsip-prinsip syariah. Koperasi Syariah Agro Niaga Indonesia (KANINDO) cabang Merjosari memiliki anggota yang menjadi pelaku usaha dengan jumlah yang cukup banyak. Dalam pelaksanaan usahanya, para anggota membutuhkan modal untuk melangsungkan kegiatan usaha agar usaha tidak terhenti. Dari kebutuhan akan modal tersebut, koperasi syariah memberikan solusi dengan program pembiayaan murabahah. Modal yang didapatkan melalui pembiayaan murabahah diindikasikan memiliki dampak salah satunya untuk meningkatkan pendapatan dari usaha anggota Koperasi Syariah Agro Niaga Indonesia (KANINDO) cabang Merjosari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembiayaan murabahah, lama usaha, dan umur terhadap pendapatan usaha. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan sampel sebanyak 36 responden. Data penelitian adalah data primer yang diperoleh dari responden dengan menggunakan kuisioner. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan murabahah, lama usaha dan umur berpengaruh signifikan dan positif terhadap pendapatan usaha angggota koperasi.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/642/051911425
Uncontrolled Keywords: Lembaga Keuangan, Koperasi Syariah, Murabahah, Lama Usaha, Umur, Pendapatan Usaha
Subjects: 300 Social sciences > 334 Cooperatives
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 13 Nov 2020 14:07
Last Modified: 19 Oct 2021 06:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177570
[thumbnail of Zaki Hibatullah Kardina Bagus.pdf]
Preview
Text
Zaki Hibatullah Kardina Bagus.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item