Pengaruh Pemberian Egg Stimulant Pada Pakan Komersial Dengan Dosis Yang Berbeda Terhadap Tingkat Kematangan Gonad Ikan Zebra (Danio Rerio)

Fiana, Ina Nur (2019) Pengaruh Pemberian Egg Stimulant Pada Pakan Komersial Dengan Dosis Yang Berbeda Terhadap Tingkat Kematangan Gonad Ikan Zebra (Danio Rerio). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan Zebra (Danio rerio) merupakan ikan hias yang banyak digemari oleh masyarakat karena memiliki warna yang menarik. Selain digemari oleh masyarakat, Ikan Zebra juga banyak dicari oleh para peneliti karena memiliki anatomi dan fisiologi yang hampir sama dengan hewan vertebrata, seperti ikan pada umumnya. Hal tersebut menyebabkan permintaan pasar Ikan Zebra terus meningkat sehingga membutuhkan peningkatan produksi Ikan Zebra. peningkatan produksi dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas dan kuantitas telur induk yang memiliki perkembangan gonad yang baik. Perkembangan gonad ikan dipengaruhi oleh kandungan nutrisi pada pakan yang diberikan. Kekurangan nutrisi dapat mengakibatkan ikan tidak matang gonad dan kualitas telur menurun. Pemenuhan nutrisi tersebut dapat menggunakan produk berupa Egg Stimulant. Egg Stimulant merupakan produk kemasan yang mengandung multivitamin. Egg Stimulant biasanya digunakan para peternak unggas, seperti ayam petelur untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas telur. Pada penelitian ini diharapkan Egg Stimulant dapat mempercepat tingkat kematangan gonad dan kualitas telur Ikan Zebra meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dosis yang optimal Egg Stimulant yang ditambahkan pada pakan komersial terhadap tingkat kematangan gonad Ikan Zebra (Danio rerio). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Budidaya Ikan Divisi Reproduksi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya, Malang. Penelitian dilakukan pada bulan Desember sampai bulan April. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperiman dengan rancangan pecobaan berupa Rancangan Acak Lengkap (RAL). Dosis yang digunakan pada penelitian ini yaitu perlakuan A (1 gr/kg ikan), perlakuan B (2 gr/kg ikan), perlakuan C (3 gr/kg ikan), dan perlakuan K (tanpa penambahan Egg Stimulant). Parameter yang diamati yaitu TKG secara morfologi dan histologi, nilai IKG (Indeks kematangan Gonad) dan diameter telur. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah dengan pemberian Egg Stimulant terhadap pengamatan TKG secara morfologi maupun histologi tidak memberikan pengaruh yang nyata. Hal tersebut dikarenakan pada hari ke 14 semua perlakuan telah mencapai TKG IV dan siap untuk dipijahkan. Pada parameter IKG dan diameter telur menunjukkan bahwa dengan pemberian Egg Stimulant denga dosis yang berbeda memberikan pengaruh yang sangat nyata pada tiap perlakuan. Pemberian dosis Egg Stimulant yang terbaik pada perlakuan C dengan dosis 3 gr/kg ikan menunjukkan hasil yang terbaik. Hasil yang terbaik mendapatkan nilai rata-rata IKG pada pengamatan 7 hari sebesar 14,20% dan pada pengamatan 14 hari sebesar 18,14%, nilai rata-rata diameter telur pada pengamatan 7 hari sebesar 0,62 mm dan pada pengamatan 14 hari sebesar 0,702 mm. Nilai kualitas air pada penelitian ini antara lain suhu berkisar antara 23-29oC; nilai pH berkisar antara 6,5-7,9; dan nilai DO rata-rata berkisar antara 4,0-8,4 mg/l.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/763/051908831
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates > 639.37 Culture of amphibians and specific kinds of fishes > 639.374 82 Culture of specific kinds of fishes (Cyprinidae (Carp family))
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 13 Nov 2020 10:18
Last Modified: 19 Oct 2021 08:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177484
[thumbnail of INA NUR FIANA (2).pdf]
Preview
Text
INA NUR FIANA (2).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item