Pengaruh Pemberian Ekstender Sari Buah Yang Berbeda Terhadap Kualitas Sperma Ikan Mas Koi (Cyprinus Carpio) Pada Proses Preservasi

Adi, Muhammad Arsal Bayu (2019) Pengaruh Pemberian Ekstender Sari Buah Yang Berbeda Terhadap Kualitas Sperma Ikan Mas Koi (Cyprinus Carpio) Pada Proses Preservasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan hias air tawar merupakan komoditas perikanan yang bisa dibudidayakan secara terus menerus. Salah satu jenis ikan hias yang mudah berdaptasi dengan lingkungan barunya ialah ikan koi (Cyprinus carpio). Ikan koi merupakan ikan hias koi sudah lama dikenal masyarakat karena bentuk yang bermacam-macam dan warnanya yang indah sehingga permintaan akan ikan hias ini semakin meningkat. Oleh sebab itu, banyak dari kalangan masyarakat yang ingin membudidayakan ikan ini. Akan tetapi, masa pematangan gamet induk ikan jantan dan betina terkadang tidak terjadi secara bersamaan dan akan mengakibatkan kesulitan di dalam pemijahan serta mengganggu ketersediaan benih. Salah satu alternatif pemecahan dalam masalah tersebut adalah melakukan penyimpanan spermatozoa ikan, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama dan dapat diatur penggunaannya sesuai dengan kebutuhan. Penyimpanan sperma dapat dilakukan dengan menggunakan ekstender sari buah dan kemudian menyimpan sperma pada suhu rendah dalam beberapa hari. Penelitian ini akan dilaksanakan di Instalasi Budidaya Air Tawar Punten, Batu, Jawa Timur pada bulan Februari 2019 - Maret 2019. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen menggunakan RAL dengan 5 perlakuan serta masing-masing perlakuan 3 kali ulangan. Perlakuan konsentrasi penambahan sari buah yang berbeda dalam penelitian ini adalah perlakuan kontrol tanpa penambahan sari buah, perlakuan A yaitu 1 ml sari kurma dengan 99 ml ringer laktat, perlakuan B yaitu 1 ml sari buah tin dengan 99 ml ringer laktat, perlakuan C yaitu 1 ml sari buah zaitun dengan 99 ml ringer laktat, perlakuan D yaitu 1 ml sari buah apel hijau dengan 99 ml ringer laktat, dan perlakuan E yaitu 1 ml sari buah kelapa dengan 99 ml ringer laktat. Parameter utama yang diukur adalah motilitas, viabilitas, dan fertilitas. Selain itu terdapat parameter penunjang yang diukur berupa kualitas air yang meliputi Suhu, dan kandungan oksigen terlarut (DO). Karakter sperma pada ikan mas koi yaitu bewarna putih susu, memiliki pH 7, konsentrasi sebesar 3,58 x 109 dan pergerakan sperma (+++) aktif bergerak cepat. Tingkat motilitas rata-rata tertinggi didapatkan pada perlakuan sari kurma sebesar 82,96% dan motilitas terendah pada perlakuan kontrol dengan rata-rata sebesar 58.75%. Perlakuan pemberian sari buah yang berbeda memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap viabilitas sperma. Tingkat viabilitas tertinggi pada perlakuan sari buah kurma dengan rata-rata sebesar 83.11% dan viabilitas terendah pada perlakuan kontrol dengan rata-rata sebesar 62.10%. Tingkat fertilitas tertinggi pada perlakuan sari buah kurma dengan rata-rata sebesar 73.33% dan fertilitas terendah pada perlakuan kontrol dengan rata-rata sebesar 42%. Sedangkan Tingkat hatching rate tertinggi pada perlakuan sari buah kurmadengan rata-rata sebesar 70.32% dan hatching rate terendah pada perlakuan kontrol dengan rata-rata sebesar 38.02%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/822/051911070
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 597 Cold-blooded vertebrates > 597.4 Miscellaneous superorders of Actinopterygii > 597.48 Cypriniformes > 597.483 Cyprinus carpio (Common carp)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 12 Nov 2020 14:56
Last Modified: 21 Oct 2021 00:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177458
[thumbnail of MUHAMMAD ARSAL BAYU ADI (2).pdf]
Preview
Text
MUHAMMAD ARSAL BAYU ADI (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item