Pengaruh Penambahan Egg Stimulant Pada Pakan Komersial Dengan Dosis Yang Berbeda Terhadap Keberhasilan Pemijahan Dan Survival Rate Larva Ikan Wader Cakul (Barbodes Binotatus)

Fajriyah, Aisyah Rizqi (2019) Pengaruh Penambahan Egg Stimulant Pada Pakan Komersial Dengan Dosis Yang Berbeda Terhadap Keberhasilan Pemijahan Dan Survival Rate Larva Ikan Wader Cakul (Barbodes Binotatus). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan wader cakul atau wader bintik dua, Barbodes binotatus adalah ikan yang dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi dan ikan hias. Pemanfaatan ikan wader cakul selama ini masih dari hasil tangkapan dan mengandalkan pasokan dari alam. Ikan wader cakul berpotensi untuk dibudidayakan, terutama pada pembenihan karena selama ini indukan dan benih diperoleh dari alam. Proses produksi benih yang baik berhubungan dengan kondisi induk yag baik. Salah satu upaya untuk meningkatkan produksi benih yaitu memperbaiki kualitas telur pada induk. Perkembangan telur yang cacat pada proses embriogenesis akan menghasilkan larva yang cacat pula, sehingga benih yang dihasilkan pun menjadi kurang baik. Salah satu cara untuk menambahkan mikronutrien pada pakan untuk memperbaiki kualitas telur ikan wader cakul yaitu dengan menambahkan Egg Stimulant pada pakan ikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dosis yang optimal Egg Stimulant yang ditambahkan pada pakan terhadap keberhasilan pemijahan dan survival rate larva ikan wader cakul (Barbodes binotatus). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Budidaya Ikan Divisi Reproduksi Ikan, Universitas Brawijaya. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai April 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Penelitian ini dilakukan menggunakan variabel berupa perlakuan pemberian Egg Stimulant dengan dosis A (dosis Egg Stimulant 1 g/kg ikan), B (dosis Egg Stimulant 2 g/kg ikan), C (dosis Egg Stimulant 3 g/kg ikan) dan K (dosis Egg Stimulant 0 g/kg ikan). Parameter utama penelitian yaitu keberhasilan pemijahan meliputi fekunditas, fertilization rate dan hatching rate, serta volume kuning telur larva dan survival rate larva. Parameter penunjang berupa kualitas air. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu pada rerata fekunditas ikan wader cakul yang tertinggi sebesar 1211,67 pada perlakuan C. Pada rerata fertilization rate ikan wader cakul menunjukkan tidak ada perbedaan nyata. Pada rerata hatching rate ikan wader cakul yang tertinggi sebesar 92,07% pada perlakuan C. Hatching rate meningkat karena kandungan Egg Stimulant yaitu vitamin A, B, E dan C yang dapat memperbaiki kualitas telur. Pada rerata volume kuning telur larva ikan wader cakul yang tertinggi sebesar 170,25 mm3 pada perlakuan C. Peningkatan volume kuning telur karena kandungan pada Egg Stimulant yang berperan dalam menyebabkan terjadi peningkatan vitelogenin di ovari semakin optimal dan menyebabkan peningkatkan volume kuning telur. Pada rerata rerata survival rate larva ikan wader cakul yang tertinggi sebesar 90,20% pada perlakuan C. Survival rate larva yang meningkat karena volume kuning telur yang meningkat juga. Kuning telur sebagai cadangan pakan merupakan sumber energi dan nutrisi untuk sebagian besar larva sebelum menerima pakan dari luar.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/789/051908857
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates > 639.37 Culture of amphibians and specific kinds of fishes > 639.374 82 Culture of specific kinds of fishes (Cyprinidae (Carp family))
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 13 Nov 2020 09:18
Last Modified: 21 Oct 2021 00:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177433
[thumbnail of AISYAH RIZQI FAJRIYAH (2).pdf]
Preview
Text
AISYAH RIZQI FAJRIYAH (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item