Optimasi Produksi Enzim L-Asparaginase Dari Bakteri Bacillus Subtilis Wild-Type Dengan Menggunakan Metode Taguchi

Murtazam, Mohammad Achsanil (2019) Optimasi Produksi Enzim L-Asparaginase Dari Bakteri Bacillus Subtilis Wild-Type Dengan Menggunakan Metode Taguchi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Optimasi produksi enzim L-asparaginase merupakan cara untuk meningkatkan produksi enzim dalam jumlah yang besar. Salah satu cara untuk optimasi produksi enzim L-asparaginase yaitu dengan menggunakan bakteri karena lebih mudah penanganannya dan dapat diminimalisir terjadinya kesalahan. Bakteri yang digunakan yaitu bakteri Bacillus subtilis wild-type, bakteri Bacillus subtilis wild-type yang diisolasi dari mangrove Avicennia marina telah terbukti mampu menghasilkan enzim L-asparaginase. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Perekayasaan Hasil Perikanan, Laboratorium Keamanan Hasil Perikanan, dan Laboratorium Parasit dan Penyakit Ikan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang serta Laboratorium Sentral Ilmu Hayati Universitas Brawijaya Malang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2019 hingga bulan Mei 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perlakuan terbaik pada bakteri Bacillus subtilis wild-type dalam memproduksi enzim L-asparaginase secara optimum. Terdapat beberapa faktor yang menentukan tingkat produksi enzim secara optimum yaitu konsentrasi L-asparagin, pH, suhu, dan konsentrasi inokulum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Prosedur optimasi produksi enzim L-asparaginase dari bakteri Bacillus subtilis wild-type terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap preparasi. Tahap preparasi terdiri dari pembuatan larutan standar, pembuatan uji kontrol, pembuatan media, penyegaran bakteri Bacillus subtilis wild-type, dan pembuatan inokulum. Kemudian tahap optimasi produksi, dilakukan pembuatan formulasi media dengan konsentrasi yang berbeda. Tahap berikutnya yaitu uji konfirmasi, setelah didapatkan hasil uji aktivitas enzim maka hasil tersebut dianalisis menggunakan metode Taguchi untuk mengetahui perlakuan yang terbaik pada bakteri Bacillus subtilis wild-type dalam memproduksi enzim L-asparginase. Data uji aktivitas dianalisis dengan metode Taguchi menggunakan piranti lunak Qualitek-4. Faktor dan level optimum untuk memproduksi L-asparaginase dari Bacillus subtilis wild-type adalah L-asparagin pada level 4 (2%), pH pada level 1 (6), suhu pada level 2 (35oC), dan inokulum pada level 3 (1,5%), dari faktor dan level optimum tersebut didapatkan hasil produksi enzim sebesar 8,91 U/mL. Eksperimen konfirmasi dilakukan dengan menggunakan faktor dan level optimum menghasilkan produksi enzim L-asparaginase sebesar 8,72 U/mL, sedangkan uji kontrol sebesar 3,18 U/mL. Hasil ekspektasi produksi L-asparaginase dari piranti lunak Qualitek-4 yaitu sebesar 19,20 U/mL. Disimpulkan bahwa faktor dan level optimum yaitu L-asparagin 2%, pH 6, suhu 35oC, dan inokulum 1,5% dengan waktu inkubasi selama 24 jam dengan produksi enzim sebesar 8,91 U/mL. Saran dari penelitian ini yaitu perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang cara pengambilan dan pemurnian dari enzim L-asparaginase yang telah didapat dan kemudian dilakukan pengaplikasiannya.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/786/051908854
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 572 Biochemistry > 572.7 Enzymes
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 16 Nov 2020 05:12
Last Modified: 20 Oct 2021 23:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177428
[thumbnail of MOHAMMAD ACHSANIL MURTAZAM (2).pdf] Text
MOHAMMAD ACHSANIL MURTAZAM (2).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (13kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (5kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item