Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Oleh Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) (Studi pada Pusat Layanan Usaha Terpadu Kabupaten Tulungagung)

Dewi, Tevi Ana (2019) Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Oleh Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) (Studi pada Pusat Layanan Usaha Terpadu Kabupaten Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemberdayaan merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan, keterampilan dan kemandirian individu atau masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhannya. Pemberdayaan perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas masyarakat agar tercapai kesejahteraan masyarakat. Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah merupakan salah satu sasaran yang tepat untuk di berdayakan, karena masih banyak terjadi masalah dan kendala didalam kegiatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Kabupaten Tulungagung merupakan daerah yang gencar dalam memberdayakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, salah satu caranya adalah membangun Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT). PLUT merupakan Lembaga yang menyediakan jasa non-finansial yang menyeluruh yang berhungan dengn UMKM guna untuk meningkatkan kinerja produksi, pemasaran, pembiayaan, kelembagaan dan pengembangan sumber daya masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Tulungagung dalam memberdayakan UMKM di Kabupaten Tulungagung dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pemberdayaan. Fokus penelitian ini adalah pendekatan pemberdayaan, peran aktor pemberdayaan dan tujuan pemberdayaan serta faktor pendukung serta faktor penghambat pemberdayaan UMKM. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis Miles Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini yaitu pemberdayaan yang dilakukan oleh PLUT sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kualitas pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, semakin banyaknya UMKM yang bergabung dengan PLUT dan semakin berkembang sumber daya manusia pengelola UMKM. Pemberdayaan yang dilakukan oleh PLUT sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pelaku UMKM, misalnya adalah memberikan pendampingan dalam bidang produksi, kelembagaan, pembiayaan, pemasaran dan juga SDM. Peran pemerintah, swasta dan masyarakat juga dijalankan dengan baik, pemerintah sebagai penyedia layanan pemberdayaan, swasta ikut serta membantu keberhasilan pemberdayaan dan masyarakat sebagai objek yang di berdayakan.

English Abstract

Empowerment is an effort made to develop the abilities, skills and independence of individuals or communities in order to meet their needs. Empowerment needs to be done to improve the quality of society in order to achieve community welfare. Micro, Small and Medium Enterprises is one of the right targets to empower, because there are still many problems and obstacles in the activities of Micro, Small and Medium Enterprises. Tulungagung Regency is an area that is vigorous in empowering Micro, Small and Medium Enterprises, one way is to build an Integrated Business Service Center (PLUT). PLUT is an institution that provides comprehensive non-financial services related to MSMEs to improve the performance of production, marketing, financing, institutional and community resource development. This study aims to describe and analyze how the Integrated Business Service Center (PLUT) of Tulungagung Regency in empowering MSMEs in Tulungagung Regency and what are the supporting factors and inhibiting factors in empowerment. The focus of this research is the empowerment approach, the role of empowerment actors and the purpose of empowerment as well as supporting factors and inhibiting factors for empowering MSMEs. Data collection techniques in this study used interviews, observation and documentation. Analysis of the data used is using Miles Huberman and Saldana analysis. The results of this study are that the empowerment carried out by PLUT is good enough. This is evidenced by an increase in the quality of Micro, Small and Medium Enterprises, the increasing number of MSMEs joining PLUT and the growing human resources of MSME managers. Empowerment carried out by PLUT is in accordance with what is needed by SMEs, for example by providing assistance in the fields of production, institutions, financing, marketing and also HR. The role of the government, the private sector and the community is also carried out well, the government as an empowerment service provider, the private sector participates in helping the empowerment and community success as empowered objects.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/715/051911196
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Pusat Layanan Usaha Terpadu-Empowerment, Micro, Small and Medium Enterprises, Integrated Business Service Centers.
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.2 General considerations of public administration > 354.27 General topics of assistance > 354.279 Assistance to urban, suburban, rural areas; to small business
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 Nov 2020 17:45
Last Modified: 21 Oct 2021 02:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177248
[thumbnail of Tevi Ana Dewi.pdf]
Preview
Text
Tevi Ana Dewi.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item