Pengaruh Penambahan Active Agent Daun Jeruju (Acanthus Ilicifolius) Terhadap Karakteristik Active Packaging Dari Gelatin Kulit Dan Sisik Ikan Ayam-Ayam (Abalistes Stellaris)

Puspita, Fitri Septa (2019) Pengaruh Penambahan Active Agent Daun Jeruju (Acanthus Ilicifolius) Terhadap Karakteristik Active Packaging Dari Gelatin Kulit Dan Sisik Ikan Ayam-Ayam (Abalistes Stellaris). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pangan adalah kebutuhan fundamental bagi seluruh makhluk hidup. Agar pangan yang tersedia aman dan memadai, perlu diwujudkan sebuah sistem pangan yang mampu memberikan perlindungan kepada masyarakat salah satunya yaitu kemasan. Kemasan yang umum digunakan masyarakat ialah kemasan plastik. Kemasan plastik memiliki kelebihan lebih fleskibel dan transparan tetapi tidak tahan panas, dapat mencemari produk dan sulit didegradasi. Solusinya menggunakan kemasan yang bersifat biodegradable, seperti kemasan alami dari gelatin ikan karena bahan bakunya merupakan limbah pengolahan (kulit, sisik, dan tulang). Limbah ikan yang potensial digunakan adalah kulit dan sisik ikan ayam-ayam (Abalistes stellaris) karena tekstur kulit dan sisiknya tebal. Untuk menambah sifak fungsionalnya, kemasan dari gelatin tersebut perlu ditambahkan senyawa aktif. Senyawa aktif yang digunakan adalah ekstrak dari mangrove jenis jeruju (Acanthus ilicifolius) yang mempunyai senyawa bioaktif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana penambahan ekstrak daun jeruju (Acanthus ilicifolius) mempengaruhi sifat active packaging dari gelatin kulit dan sisik ikan ayam-ayam (Abalistes stellaris). Metode yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) sederhana yang terdiri atas 5 perlakuan dengan empat kali ulangan. Perlakuan yang digunakan yaitu penambahan ekstrak jeruju 0; 1; 3; 5; dan 7 %. Parameter yang diuji yaitu asam amino gelatin, ketebalan, kuat tarik, elongasi, laju transmisi uap air, kadar air, pH, antioksidan, dan antimikroba active packaging. Hasil penelitian menunjukkan penambahan konsentrasi active agent daun jeruju pada active packaging dari gelatin kulit dan sisik ikan ayam-ayam berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap nilai ketebalan dan pH. Namun tidak berbeda nyata (P>0,05) pada kuat tarik, elongasi, laju transmisi uap air dan kadar air. Semakin tinggi konsentrasi ekstrak daun jeruju yang ditambahkan maka ketebalan, elongasi, kadar air, antioksidan, dan antibakteri mengalami peningkatan. Sedangkan kuat tarik, laju transmisi uap air, dan pH mengalami penurunan seiring dengan penambahan ekstrak daun jeruju, tetapi peningkatan dan penurunan hasil tidak signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, perlu adanya penelitian lanjutan supaya dilakukan pengujian organoleptik dan aplikasinya pada sampel active packaging dari gelatin kulit dan sisik ikan ayam-ayam dengan penambahan ekstrak daun jeruju.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/841/051911089
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 664 Food technology > 664.2 Starches and jellying agents > 664.26 Gelatin / Gelatin industry
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 02 Oct 2020 02:16
Last Modified: 21 Oct 2021 00:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177239
[thumbnail of FITRI SEPTA PUSPITA (2).pdf]
Preview
Text
FITRI SEPTA PUSPITA (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item