Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Empiris pada Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Brawijaya)

Murdiansyah, Isnan (2016) Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Empiris pada Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Brawijaya). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku kecurangan akademik mahasiswa dengan menggunakan dimensi fraud diamond yang terdiri dari tekanan, kesempatan, rasionalisasi dan kemampuan di lingkungan Pascasarjana Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (Concurrent Embedded Design), yaitu dengan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif secara bersama-sama, baik dalam pengumpulan data maupun analisisnya, kemudian membandingkan data yang diperoleh untuk kemudian dapat ditemukan mana data yang dapat digabungkan dan dibedakan. Pada penelitian ini menggunakan kuantitatif sebagai metode primer dan kualitatif sebagai metode sekunder. Hasil dari penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa tekanan, peluang dan rasionalisasi berpengaruh positif terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa. Penelitian juga menemukan bahwa kemampuan berpengaruh negatif terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa.

English Abstract

This study aims to examine factors that influence students’ academic cheating behavior by using the dimensions of fraud diamond which consists of pressure, opportunity, rationalization and capability. This study was conducted at the postgraduate (master) accounting program at the Faculty of Economics and Business, University of Brawijaya, Malang. The study used a combination of research methods (Concurrent Embedded Design) by using quantitative and qualitative methods, both in the collection of data and analysis, then compared the data obtained and found which data can be combined and distinguished. This research uses quantitative as a primary method and qualitative as a secondary method. The results of this study provide empirical evidence that pressure, opportunity and rationalization have positive effect on students academic fraud behavior. It’s also found that the individual capability have negative effect on students academic fraud behavior.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/364.163/MUR/p/2018/041810469
Uncontrolled Keywords: FOEGERY - FRAUD
Subjects: 300 Social sciences > 364 Criminology > 364.1 Criminal offenses > 364.16 Offenses against property > 364.163 Fraud
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Dec 2019 03:21
Last Modified: 19 Dec 2019 03:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177156
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item