Model Kemitraan Dalam Upaya Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (Studi pada Upaya Mitigasi Dampak Perubahan Iklim oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang dalam Kegiatan GENSALIM)

Ni’mah, Husna Falihun (2019) Model Kemitraan Dalam Upaya Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (Studi pada Upaya Mitigasi Dampak Perubahan Iklim oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang dalam Kegiatan GENSALIM). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas pentingnya kerjasama dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan mengingat semakin luasnya permasalahan lingkungan yang diakibatkan oleh pembangunan. Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan kemitraan di bidang lingkungan hidup, terutama dalam upaya mitigasi dampak perubahan iklim melalui kegiatan GENSALIM. Permasalahan yang dihadapi dalam kemitraan ini adalah bentuk dari kemitraan tersebut masih kurang jelas sehingga belum diketahui apakah kemitraan tersebut sudah dilaksanakan dengan semestinya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan kemitraan dalam perlindungan dan pengendalian lingkungan hidup di Kota Malang, menganalisis model kemitraan antara Pemerintah Daerah Kota Malang dengan GIZ dalam kegiatan generasi sadar iklim (GENSALIM), serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang melalui bidang bina kemitraan dan pengendalian lingkungan hidup melaksanakan tugas kemitraan dalam bentuk edukasi, sosialisasi dan pendampingan terhadap beberapa program kerjasama yang telah ditentukan oleh Lembaga. Di luar kerja sama tersebut, juga dilakukan kerja sama dalam bentuk sederhana dan resmi. Akan tetapi, koordinasi dalam melaksanakan kerjasama diluar program yang telah ditentukan masih kurang dan kegiatannya masih belum dibukukan dengan baik. Sementara itu, model kemitraan antara Pemkot Malang dengan GIZ dalam kegiatan GENSALIM adalah model kemitraan mutualisme karena pelaksanaannya telah didasarkan pada prinsip-prinsip kemitraan, meliputi kesamaan visi-misi, kepercayaan, saling menguntungkan, efektif efisien, komunikasi timbal balik, dan komitmen yang kuat dari setiap mitra yang terlibat.

English Abstract

This research was conducted on the importance of cooperation in environmental protection and management given the increasingly widespread environmental problems caused by development. This study examines the implementation of partnerships in the environmental field, especially in mitigating the impacts of climate change through GENSALIM activities. The problem faced in this partnership is that the form of the partnership is still unclear so it is not yet known whether the partnership has been implemented properly. The purpose of this study is to describe the implementation of partnerships in environmental protection and control in Malang City, analyze the partnership model between The Government of Malang City and GIZ in climate conscious generation activities (GENSALIM), and identify the supporting and inhibiting factors of it. This research uses descriptive research method with a qualitative approach. The results of the study explained that the Environment’s Department of Malang City through the field of partnership development and environmental control carried out the partnership task in the form of education, outreach and assistance to several collaborative programs determined by the Institute. Outside of this cooperation, cooperation is also carried out in a simple and official form. However, coordination in carrying out cooperation outside the specified program is still lacking and its activities have not been well recorded. Meanwhile, the partnership model between Malang City Government and GIZ in GENSALIM activities is a model of mutualism because its implementation has been based on the principles of partnership, including shared vision, mission, trust, mutual benefit, effective efficiency, mutual communication, and strong commitment from every partner involved.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/733/051911203
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, Pembangunan Lingkungan, Kemitraan Lingkungan, GENSALIM-Collaboration, Environmental Development, Environmental Partnership, GENSALIM
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.3 Public administration of environment and natural resources
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 09 Nov 2020 05:02
Last Modified: 21 Oct 2021 02:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177144
[thumbnail of Husna Falihun Ni’mah.pdf]
Preview
Text
Husna Falihun Ni’mah.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item