Upaya Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Desa Ketro Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan)

Yulianti, Tatik (2019) Upaya Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Desa Ketro Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemberdayaan masyarakat berupaya untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia terutama dalam membentuk dan merubah perilaku masyarakat untuk kehidupan yang lebih baik dan taraf hidup yang berkualitas. Oleh karena itu peneliti merasa tertarik untuk dalam melakukan penelitian tentang pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa Ketro Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan berdasarkan kondisi yang ada di Desa Ketro mata pencaharian masyarakat desa adalah bertani serta pendidikan masyarakat tergolong rendah, berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang upaya dari pemerintah desa dalam pemberdayaan ekonomi ,mengetahui upaya-upaya yang dilakukan pemerintah desa dalam pemberdayaan ekonomi desa dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dari upaya pemerintah desa dalam kegiatan pemberdayaan ekonomi yang ada di desa Ketro Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitan ini adalah kepala Desa Ketro, perangkat desa, , ketua kelompok masyarakat, dan warga masyarakat desa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara,pengamatan,dokumentasi sebagai pendukung dari kegiatan penelitian dan untuk menganalisa data peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi data,penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan pemerintah desa Ketro telah mampu melaksanakan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa melalui program – program pemberdayaan yaitu pengembangan sumberdaya manusia,pengembangan kelompok kelembagaan, pemupukan modal ,peningkatan usaha produktif dan informasi tepat guna namun dalam pelaksaanaan pemberdayaan pemerintah desa masih masih mengalami kendala-kendala. Oleh karena itu diharapkan kepada masyarakat desa Ketro untuk turut aktif dalam setiap kegiatan pemberdayaan ekonomi baik dalam menentukan dan membuat program pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pemerintah desa diharapkan sebaiknya mengoptimalkan program-program pemberdayaan agar program tersebut dapat terealisasi dengan baik.

English Abstract

Community empowerment seeks to improve the quality of human resources, especially in shaping and changing the behavior of people for a better life and living standards of quality. Therefore, researchers are interested in doing research on the economic empowerment of the economy of the villagers Ketro District of Kebonagung Pacitan based on existing conditions in the village Ketro livelihoods of rural people is farming as well as public education is low, based on the problems that the researcher is interested in studying the role of from the village government in economic empowerment, In this study the authors use descriptive research with kualitatif.Informan approach in this research is Ketro village head, village officials, community group leaders and ordinary villagers. This study uses data collection through interviews, observation, documentation to support such research and to analyze the data researchers used data collection, data reduction, data presentation and conclusion. Based on the research that has been done can be concluded Ketro village government has been able to carry out the economic empowerment of rural communities through the program-namely the activation of institutional empowerment, community participation and improvement of the productive economy, but the government's empowerment pelaksaanaan village remains still experiencing constraints. Therefore, it is expected to Ketro rural communities to participate actively in all activities of economic empowerment, both in identifying and making economic empowerment program and the village government is expected to better optimize the empowerment programs so that the program can be realized well.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/726/051911164
Uncontrolled Keywords: Pemerintah desa, Pemberdayaan ekonomi, masyarakat desa-empowerment, economic empowerment,village goverment
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.1 Jurisdictional levels of administration > 352.17 Rural administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 Nov 2020 06:57
Last Modified: 21 Oct 2021 03:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177113
[thumbnail of Tatik Yulianti.pdf]
Preview
Text
Tatik Yulianti.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item