Implementasi Program Gemilang (Gerakan Mengurus Identitas Kependdudukan Langsung) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lamongan

Sofiana, Ilma Dwi (2019) Implementasi Program Gemilang (Gerakan Mengurus Identitas Kependdudukan Langsung) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lamongan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Program Gemilang adalah sebuah program pelayanan pengurusan dokumen kependudukan yang dilakukan langsung di kantor kecamatan. Pengurusan dapat dilakukan di 27 kantor kecamatan di Kabupaten Lamongan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Dispendukcapil Kabupaten Lamongan. Program tersebut mengacu pada Undang-Undang Nomor 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan yang merupakan perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menjelaskan dan menganalisis implementasi program Gemilang di Kabupaten Lamongan serta mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi program tersebut. Sesuai dengan tujuan penelitian yang telah ditetapkan, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dibatasi oleh dua fokus, yaitu: (1) Implementasi Program Gemilang di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lamongan, (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi Program Gemilang di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lamongan. Analisis yang digunakan adalah analisis data model interaktif dari Miles Huberman dan Saidana. Dalam pengumpulan data, peneliti memperoleh data melalui wawancara dan dokumentasi lapangan. Berdasarkan fenomena yang terjadi, peneliti menggunakan teori model implementasi program yang berasal dari David C. Korten yang terdiri dari tiga unsur dalam menganalisis implementasi program Gemilang, unsur tersebut diantaranya adalah program (terdiri atas adanya tujuan yang ingin dicapai, adanya perkiraan anggaran yang dibutuhkan, adanya strategi dalam pelaksanaan program), organisasi pelaksana (terdiri atas SDM yang dilibatkan, adanya standard operating procedure (SOP), penetapan manajemen pelaksanaan), penerima bantuan (masyarakat yang mengurus e-KTP dan KK). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukanm dapat diketahui masih adanya kekurangan dalam implementasi program Gemilang di Kabupaten Lamongan. Meskipun demikian, implementasi program gemilang tetap berjalan dengan baik dan tidak pernah terjadi permasalahan yang serius yang menyebabkan program ini terhenti. Dalam implementasi program Gemilang juga terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi keberhasilan program dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

English Abstract

Gemilang Program is a service program for handling the population documents that is carried out directly in the district office. Arrangements can be made in 27 sub-district offices in Lamongan Regency according to the schedule determined by Dispendukcapil in Lamongan Regency. The program refers to Law Number 24 of 2013 concerning the Population Administration which is a change to Law Number 23 Year 2006 concerning Population Administration. This study aims to describe, explain and analyze the implementation of the Gemilang program in Lamongan Regency and identify supporting factors and inhibiting factors in the implementation of the program. Following the research objectives stated, the type of research used is descriptive research with a qualitative approach. This research is limited by two focuses, which are: (1) The implementation of Gemilang Program in Department of Population and Civil Registration of Lamongan Regency, (2) Supporting factors and inhibiting factors in implementing Gemilang Program in Department of Population and Civil Registration of Lamongan Regency. The analysis used is an interactive model data analysis from Miles Huberman and Saidana. In collecting data, researchers obtained the data through interviews and field documentation. Based on the phenomenon that occurred, the researchers used a program implementation model theory derived from David C. Korten which consists of three elements in analyzing the implementation of the Gemilang program, these elements of which are the programs (consisting of the objectives to be achieved, the estimated budget needed, the existence of strategy in program implementation), implementing organization (consisting of human resources involved, standard operating procedure (SOP), implementation of implementation management), beneficiaries (people who manage e-KTP and KK). Based on the results of research that has been done, it can be seen that there are still shortcomings in the implementation of the Gemilang program in Lamongan Regency. Nonetheless, the implementation of the brilliant program is still running well and there have never been serious problems that have caused the program to stop. In the implementation of the Gemilang program there are also supporting factors and inhibiting factors that influence the success of the program in achieving its intended goals.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/639/051909505
Uncontrolled Keywords: Implementasi Program, Pelayanan Dokumen Kependudukan, Gemilang (Gerakan Mengurus Identitas Kependudukan Langsung)-Program Implementation, Population Document Service, Gemilang (Movement for Managing Direct Population Identity)
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Nov 2020 14:19
Last Modified: 21 Oct 2021 03:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177085
[thumbnail of Ilma Dwi Sofiana.pdf]
Preview
Text
Ilma Dwi Sofiana.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item