Analisis Kualitas Pelayanan Publik melalui Program PAK TUWA (Pelayanan Administrasi Kependudukan Tutul WhatsApp) untuk Penerbitan Akta Kematian (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan)

Salsabila, Syifa’ Wasalma (2019) Analisis Kualitas Pelayanan Publik melalui Program PAK TUWA (Pelayanan Administrasi Kependudukan Tutul WhatsApp) untuk Penerbitan Akta Kematian (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya permasalahan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan mengenai pelayanan publik yang dilakukan untuk masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan publik melalui Program PAK TUWA untuk penerbitan Akta Kematian dan untuk mengetahui tantangan yang harus dihadapi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Fokus dari penelitian ini adalah (1) Kualitas Pelayanan Publik dengan menggunakan teori dari Zeitamal et al yang terdiri dari lima dimensi yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty ; (2) Tantangan yang dihadapi dalam menganalisis kualitas pelayanan publik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Analisa data dalam penelitian ini dengan menggunakan model Seiddel. Dari hasil penelitian dan pembahasan menghasilkan kesimpulan : (1) Dispenduk Capil Kabupaten Magetan sudah memberikan pelayanan melalui Program PAK TUWA dengan baik walaupun masih dijumpai beberapa kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh petugas (2) Dalam penerbitan akta kematian, masyarakat masih banyak yang tidak menerbitkan karena merasa tidak memiliki kepentingan; (3) Belum tersambungnya jaringan wifi dalam ruangan pelayanan Dispenduk Capil Kabupaten Magetan menjadi penyebab gangguan koneksi yang digunakan untuk akses internet yang dapat menghambat pelayanan; (4) Belum tersedianya dengan baik tempat penyimpanan dokumen-dokumen kependudukan di Dispenduk Capil Kabupaten Magetan. Berdasarkan penelitian ini diharapkan Dispenduk Capil Kabupaten Magetan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang masih terjadi sehingga kualitas pelayanan publik semakin meningkat.

English Abstract

The background of this study was due to the problem at Department of Population and Civil Registration of Magetan Regency regarding to public service that conducted for the community. This study aimed to describe the quality of public service through the program of PAK TUWA to issue the Death Certificate and to know the challenge that should be faced in improving the quality of public service. This study was qualitative research. The focuses of this study were (1) Quality of Public Service by using the theory of Zeitamal et al. that consisted of five dimensions which were tangible, reliability, responsiveness, assurance and emphaty ; (2) The challenge that faced in analyzing the quality of public service. MMethods that used was qualitative descriptive and data collection was conducted by observation and interview. Data analysis in this study used the model of Seiddel. According to the study result and discussion resulted the following conclusion:(1) Department of Population and Civil Registration of Magetan Regency had provided public service appropriately through the program of PAK TUWA even though there were several mistakes that made by the officer (2) In the process of death certificate issue, the community did not issue the certificate because they did not feel have any concern with it; (3) There was no wifi connection in the service room of Department of Population and Civil Registration of Magetan Regency become the cause of connection error that used to access the internet, thus it inhibitted the service; (4) There was no document storage in Department of Population and Civil Registration of Magetan Regency.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/638/051909504
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, administrasi kependudukan, akta kematian-Service quality, administration of population, death certificate
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.5 Public administration of social warfare > 353.59 Activities relating to population and settlement
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 11 Nov 2020 18:01
Last Modified: 21 Oct 2021 03:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177083
[thumbnail of Syifa’ Wasalma Salsabila.pdf]
Preview
Text
Syifa’ Wasalma Salsabila.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item