Nugraha, Abdillah Rachman (2019) Implementasi Kebijakan Parkir Zona di Kawasan Kertajaya Kota Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tingginya jumlah penggunaan kendaraan bermotor di Kota Surabaya berdampak pada meningkatnya kebutuhan pelayanan tempat parkir. Di Kota Surabaya kesediaan fasilitas parkir di dalam gedung atau pelataran belum dapat terpenuhi dengan baik. Hal ini karena terbatasnya ketersediaan lahan atau gedung yang digunakan untuk parkir. Di Kawasan Kertajaya pada setiap tempat usaha belum dapat menyediakan fasilitas parkir di dalam gedung. Sehingga, tepi jalan digunakan untuk media tempat parkir. Hal tersebut dapat menimbulkan kemacetan akibat dari penumpukkan kendaraan berlebihan yang parkir di tepi jalan. Dalam hal ini, pemerintah Kota Surabaya menetapkan Kebijakan Parkir Zona untuk mengatur, dan memberikan layanan parkir kepada masyarakat di Kota Surabaya dengan mengelola tepi jalan sebagai tempat parkir. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah Kota Surabaya dan situs penelitian di Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan dibatasi oleh tiga fokus penelitian yaitu 1. Implementasi Kebijakan Parkir Zona di Kawasan Kertajaya Kota Surabaya. 2. Faktor Pendukung dan Penghambat kebijakan parkir zona di Kawasan Kertajaya Kota Surabaya. 3. Dampak Implementasi Kebijakan Parkir Zona di Kawasan Kertajaya. Penelitian ini memperoleh hasil yang menunjukkan dengan adanya kebijakan parkir zona di kawasan kertajaya kota Surabaya telah memberikan dampak pada pengurangan tingkat kemacetan di Kawasan Kertajaya, dan terpenuhinya pelayanan parkir di tepi jalan. Dalam pelaksanaan kebijakan terdapat faktor pendukung yaitu pendapatan retribusi mencapai target, adanya standar prosedur operasional yang jelas, komunikasi di dalam maupun diluar Dinas perhubungan cukup baik. Namun dalam pelaksanaannya terdapat hambatan yaitu kurangnya jumlah sumber daya manusia Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Sikap dari pelaksana kebijakan, dan sumber daya fasilitas yang belum memadai. Saran yang diberikan peneliti untuk memaksimalkan pelaksanaan kebijakan parkir zona di Kawasan kertajaya adalah perlu adanya peningkatan pengawasan yang dilakukan oleh tim pengawasan dinas perhubungan, perlu adanya evaluasi mendetail kepada setiap juru parkir zona, tidak ditambahkannya titik lokasi parkir zona secara berlebihan sehingga perlu dipertimbangkan untuk mengurangi jumlah titik lokasi parkir zona setelah keberhasilan implementasi parkir zona.
English Abstract
The high number of motorized vehicle use in Surabaya has an impacton the increase demand of parking services. In the Surabaya city, the availability of parking facilities in building or courtyard has not been fulfilled properly. This is because of the limited availability of land or buildings used for parking. In the Kertajaya area at each place of business hasn’t been able to provide parking facilities in the building. Thus, the roadside is used for parking. This can lead to congestion as a result of overloading vehicles that park on the roadside. In this case, Surabaya City Government sets a Parking Zone Policy to manage, and provide public parking services to the people in Surabaya, by managing the roadside as a parking lot. The type of research used in this study is descriptive research with a qualitative approach. The research location is in the City of Surabaya and the research site at the Surabaya City Department of Transportation. This study uses interview, observation, and documentation methods. Data analysis used is an interactive data analysis model from Miles, Huberman and Saldana consisting of data collection, data condensation, data display, and conclusion drawing and limited by three research focuses, 1. Implementation of the Zone Parking Policy in the Kertajaya Area of Surabaya. 2. Supporting factor and inhibiting factors in the implementation of the zone parking policy in the Kertajaya area of Surabaya. 3. Impact of Implementation Zone Parking Policy in Kertajaya Area of Surabaya. This research obtained results that indicated of the zone parking policy in the Surabaya had an impact on reducing the level of congestion in the Kertajaya area, and the fulfillment of roadside parking services. In the implementation of the policy there are supporting factors including the parking retribution revenue was on the target, their standard operational procedure are clear, communication inside and outside the Surabaya Department of Transportation is quite good. However, in practice there were obstacles is the lack of human resources Surabaya City Department of Transportation, Attitudes of implementing the policy, and resource facilities were inadequate. Advice given researchers to maximize the implementation of policies parking zone in Region kertajaya is a need to increase supervision carried out by a team monitoring the transportation department, the need for evaluation in detail to every interpreter parking zone, with the addition of location points parking zone excessively that need to be considered to reduce the number of parking locations of the zone after the successful implementation of parking zones.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2019/614/051908644 |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kebijakan, Parkir Zona, Kawasan Kertajaya, Kota Surabaya-Policy Implementation, Parking Zone, Kertajaya Area, Surabaya City |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.34 Planning and policy making |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 07:58 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 04:56 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177059 |
Preview |
Text
Abdillah Rachman Nugraha.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |