Penggunaan Grindr Sebagai Media Sosial Pria Gay (Studi Fenomenologi pada Kelompok Cheerleader Kota Malang).

Viata, Winda Puspa (2017) Penggunaan Grindr Sebagai Media Sosial Pria Gay (Studi Fenomenologi pada Kelompok Cheerleader Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, dari 18 total cheerleader pria di Kota Malang, 14 cheerleader pria mengaku bahwa dirinya adalah gay. Adanya fenomena gay dan kemajuan teknologi komunikasi, menjadi alasan diciptakannya berbagai macam media sosial yang dikhususkan untuk pria gay, salah satunya ialah Grindr. Sebagai media sosial yang dikhususkan untuk pria gay, fenomena ini pada dasarnya merupakan bentuk kegiatan dari Computer Mediated Communication (CMC).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana pria gay menggunakan Grindr sebagai media sosial khusus gay dan bagaimana mereka membangun hubungan melalui Grindr. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi dan informannya ialah 5 cheerleader Kota Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwakebutuhan mencari dan menemukan teman dan pasangan adalah kebutuhan pokok dari informan, namun Grindr hanya sebagai media awal yang digunakan dalam menemukan teman dan pasangan tersebut. Selanjutnya, untuk pengembangan hubungan, informan biasanya menggunakan WA, BBM dan Line, dikarenakan fasilitas chat room yang lebih privat. Identitas sebagai gay menjadikan informan menerapkan manajemen informasi privat dalam mengisi identitas informan pada akun Grindrnya yang bertujuan agar tidak diketahui oleh publik secara umum, khususnya keluarga dan rekan kerja mereka. Informan tidak menunjukkan kesan bahwa mereka adalah seorang cheerleader, karena stigma masyarakat bahwa cheerleader pria adalah pria yang terlalu feminim.

English Abstract

Based on the observation that has been done by the researcher, 14 on scale 18 male cheerleaders in Malang City, confessed that they are homosexual or gay. This phenomenon eventually are being a reason of the rise of many kind of social media that built for a homosexual such as Grindr. As the social media that certainly made for homosexual, this phenomenon is basically kind of activity of Computer Mediated Communication (CMC).The objective of this research is to explain how a homosexual use Grindr as a social media, and how they build a relationship through Grindr.This is qualitative research with phenomenological as the level analysis. There are 5 Malang City cheerleaders as the informants. The result of this research shows that the needs of searching and finding friends and partner is a main requirement for informant, and Grindr is only be using for the first media to looking for friends and partner itself. To develop a relationship, informsnt usually use WA, BBM, and LINE, due the fasility of room chat that more private. Identity as a homosexual made the informant applied the private information management in fulfill the identity in his Grindr account so it will not be known by public in general, mainly family and their working partner. Informant does not show the imprea male cheerleader is a feminin guy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/385/051704452
Uncontrolled Keywords: Fenomenologi, Grindr, Gay, Cheerleader.
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.7 Sexual relations > 306.766 Homosexual
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 13 Jul 2017 09:41
Last Modified: 30 Nov 2020 14:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177
[thumbnail of Winda Puspa Viata .pdf]
Preview
Text
Winda Puspa Viata .pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item