Hubungan Pemberian Kolostrum Dengan Pertumbuhan Bobot Badan Harian (PBBH) Pedet Dan Berat Mekonium Pada Sapi Peranakan Friesian Holstein (FH)

Fathoni, Iqbal (2019) Hubungan Pemberian Kolostrum Dengan Pertumbuhan Bobot Badan Harian (PBBH) Pedet Dan Berat Mekonium Pada Sapi Peranakan Friesian Holstein (FH). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kolostrum merupakan hasil sekresi induk mamalia dari hari ke 1-7 yang berwarna kuning agak kental. Kolostrum mengandung protein antara lain lactoalbumin, lactoglobulin, immunoglobulin, hormon, growth factor, prostaglandin, enzim, mineral dan provitamin. Kolostrum diberikan ke pedet kurang dari satu jam pasca lahir, Pedet postnatal sebelum sapih memiliki sistem pencernaan yang masih belum sempurna kecuali abomasum. Abomasum secara fisik dan biokimiawi mampu mencerna bahan utama yaitu kolostrum. IgG yang terserap dalam kolostrum akan mempengaruhi konsentrasi immunoglobulin dalam darah pedet, konsentrasi IgG dalam darah pedet akan mempengaruhi kesehatan pedet. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang hubungan pemberian kolostrum terhadap PBBH dan berat mekonium pada pedet Peranakan Friesian Holstein (PFH). Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pemberian kolostrum dengan Pertambahan Bobot Badan Harian (PBBH) dan berat mekonium pada pedet (PFH). Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengetahui hubungan dalam pemberian kolostrum terhadap berat mekonium dan viii mendapatkan PBBH baik. Materi dalam penelitian adalah 35 ekor pedet PFH, serta alat yang digunakan adalah timbangan pengukur PBBH pedet, ember untuk wadah kolostrum, dan timbangan analitik untuk menimbang berat mekonium. Metode penelitian adalah studi kasus. Variabel yang di amati adalah berat mekonium dan PBBH pada umur kolostrum. Data di analisis statistik menggunakan persamaan regresi linier sederhana,koefisien korelasi (r), koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukan bahwa semakin banyak jumlah kolostrum yang diberikan maka semakin berat mekonium pedet yang keluar. Pengamatan PBBH pedet pada umur kolostrum dengan pemberian jumlah 3 liter kolostrum menunjukan angka tertinggi (0,38 ± 0,03 kg) dan jumlah 1 liter kolostrum menunjukan PBBH yang rendah (0,26 kg). Jumlah 3 liter menunjukan PBBH tertinggi (0,38 kg) dan pemberian kolostrum dengan jumlah 1 liter menunjukan PBBH rendah (0,26 kg), Hasil persamaan regresi Y=0,23+0,062X artinya pemberian kolostrum naik 1 liter maka PBBH pedet akan naik sebesar 0,062 kg. Sedangkan jika tanpa pemberian kolostrum, maka PBBH pedet akan bernilai 0,230 kg, dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar - 0,62 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 46,8%. Disimpulkan bahwa dengan jumlah pemberian kolostrum yang banyak, maka berat mekonium akan semakin berat pula. Jumlah pemberian kolostrum memiliki pengaruh terhadap PBBH pedet. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian ini, kolostrum dari induk harus diberikan pada pedet dengan jumlah yang mecukupi agar mendapatkan pertambahan bobot badan harian yang baik.

English Abstract

The purpose of this research is to determine correlation of giving colostrum on avarage daily gain and weight meconium at calves friesien holstein crossbred. The material was used 35 postnatal calves and dairy colostrum PFH. The method is used case study and data collection directly on calf. Data was analyzed using descriptive analysis, simple regression analysis, correlation and Analysis of Variance. The results showed that giving of colostrum with the amount of 3 liters can impact the meconium weight in calves. The equation regression of colostrum to daily body weight is Y = 0.230 + 0.062 kg. with r = +0.62 and R2= 46.8%. The average of colostrum feeding on the highest of body weight daily growth on 3 liters (0.38 ± 0.03 kg / head / day) and the highest marks for the colostrum impact that affect the meconium weight (50.7 ±0.88 g).Based on the results of this study it can be concluded that the more the amount of colostrum will affect the weight of meconium, while the more the amount of colostrum has increased calf weight every day

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/546/051910319
Uncontrolled Keywords: Average daily gain, calves Friesian Holstein Crossbred, colostrum, meconium
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.2 Cattle and related animals > 636.208 2 Cattle and related animals (Breeding)
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 28 Sep 2020 03:26
Last Modified: 15 Mar 2022 05:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176982
[thumbnail of Iqbal Fathoni.pdf]
Preview
Text
Iqbal Fathoni.pdf

Download (750kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item