Keuntungan Rata-rata Sistem Kolaboratif dan Non Kolaboratif dalam Rantai Pasokan dengan Permintaan Bervariasi terhadap Usaha Promosi (Studi Kasus:Toko Dian Sistik Kec.Singosari)

Novieriani, Dian (2019) Keuntungan Rata-rata Sistem Kolaboratif dan Non Kolaboratif dalam Rantai Pasokan dengan Permintaan Bervariasi terhadap Usaha Promosi (Studi Kasus:Toko Dian Sistik Kec.Singosari). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Model persediaan matematika EOQ merupakan model persediaan yang banyak digunakan dalam menyelesaikan masalah persediaan barang. Pada skripsi ini dibahas mengenai persediaan multi-item EOQ dalam rantai pasokan dua lapis, yaitu antara pemasok dengan pengecer dan permintaan bervariasi dengan usaha promosi yang dilakukan oleh kedua rantai. EOQ yang dibahas pada skripsi ini terdapat dua kasus yaitu kasus pertama adalah ketika siklus pengecer melebihi waktu penundaan pembayaran dan kasus kedua adalah ketika siklus pengecer kurang dari dari waktu penundaan pembayaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan keuntungan rata-rata optimal dari kedua anggota rantai yang dianalisis dan dibandingkan ke dalam sistem non kolaboratif dan sistem kolaboratif. Penelitian ini diterapkan pada Toko Dian Sistik Singosari dengan tujuan membantu Toko Dian Sistik Singosari dalam mengatasi permasalahan perhitungan keuntungan rata-rata optimal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keuntungan toko menggunakan sistem kolaboratif lebih menguntungkan daripada menggunakan sistem non kolaboratif. Keuntungan rata-rata optimal kolaboratif untuk kasus I dan II pada sistem non kolaboratif adalah Rp. 3.586.600 dan Rp. 3.576.500. Keuntungan rata-rata optimal kolaboratif untuk kasus I dan II pada sistem kolaboratif adalah Rp. 3.783.800 dan Rp. 3.774.100.

English Abstract

Inventory model is mostly used as a strategy to solve problems in the case of inventory. EOQ model is used for looking optimal order quantity, hence it can minimize total inventory cost. This study discussed regarding multi-item inventory EOQ in two-layers of a chain among supplier-retailer and various demand related with advertisement which have been done by both of chains. EOQ which has discussed in this study consist of two cases. The first case is when the retailer cycle exceed the delay payment time and the second case is when the retailer cycle less then the delay payment time. The purpose of this research is to get the optimal average profit from the both chain member that analyzed and compared into the non collaborative system and collaborative system. This research has applied in Dian Sistik Singosari Store in order to help Dian Sistik Singosari Store to complete the calculation of optimal average profits. This research conclude that the profit of store using collaborative system is gain benefit than use non collaborative system. Collaborative optimal average profit for the case I and II in non collaborative is Rp 3.586.600 and Rp 3.576.500. Collaborative optimal average profit for the case I and II in collaborative system is Rp 3.783.800 and Rp 3.774.100.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2019/119/051910822
Uncontrolled Keywords: EOQ multi-item, persediaan, rantai pasokan, EOQ multi-item, inventory, supply chains
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.6 Mathematical optimization
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:42
Last Modified: 26 Aug 2020 04:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176960
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item