Manajemen Budidaya Rumput Odot Di Bawah Naungan Di Wilayah Kecamatan Wagir Gunung Kawi Kabupaten Malang

Aristanti, Desyana Intan (2019) Manajemen Budidaya Rumput Odot Di Bawah Naungan Di Wilayah Kecamatan Wagir Gunung Kawi Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peternak di Kecamatan Wagir mengalami masalah kurangnya ketersediaan hijauan untuk mencukupi kebutuhan pakan ternak, hal ini disebabkan karena keterbatasan lahan tanam, sehingga petani melakukan penanaman hijauan di bawah pohon pinus di lahan milik perhutani. Jenis hijauan yang ditanam petani adalah rumput odot. Penelitian ini bertujuan mengkaji bagaimana manajemen budidaya rumput odot di bawah naungan pohon pinus yang dilakukan petani di Kecamatan Wagir, sehingga diharapkan dapat memberikan informasi cara budidaya yang dilakukan serta masalah yang dihadapi petani dalam budidaya ini. Produktifitas dan kualitas rumput odot yang ditanam di bawah naungan pohon pinus dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya adalah manajemen budidaya, yaitu bagaimana perlakuan saat proses penanaman diantaranya pengolahan tanah,sistem pengairan, penyediaan bibit, jarak tanam, pemupukan, cara pencegahan hama, cara panen, umur panen, dan iklim. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumput odot yang dipelihara di bawah naungan pohon pinus oleh petani yang berlokasi di Kecamatan Wagir Gunung Kawi Kabupaten Malang. Manajemen budidaya dimulai dari proses pernyediaan bibit hingga pemanenan, untuk beberapa petani mengalami kendala yaitu tidak mendapatkan akses limbah yang bersumber dari PT Greenfields ke lahan rumput, sehingga petani membeli pupuk kimia dengan harga beli yang tinggi. Beberapa petani mengalami kesulitan mendistribusi pupuk ke lahan dengan menggunakan sepeda motor,dan kesulitan membawa rumput yang telah dipanenkarena akses menuju lahan berupa tanah dan bebatuan. Kendala lainnya yang dialami adalah banyaknya pencuri rumput yang berakibat kurangnya pasokan dan ketersediaan pakan. Penelitian ini dilakukan dengan metode non eksperimen (survei), pengambilan sampel dengan teknik purposive random sampling bedasarkan info mengenai responden dalam satu wilayah secara acak, sumber informasi yang diperoleh dari polisi hutan juga sesama petani rumput odot, dengan melakukan wawancara secara langsung pada responden (petani rumput odot) sebanyak 17 orang, dapat dilakukan secara terstruktur sesuai dengan daftar kuisioner dan wawancara secara bebas tanpa kuisioner mengenai hal-hal yang masih berhubungan dengan penelitian.

English Abstract

Several Farmers in Wagir Subdistrict have facing a problem of lack of forage availability to fulfill the needs of animal feed, this is due to the limitations of planting land, so farmers plant the forages under pine trees on Perhutani's land. The type of forage planted by farmers is dwarf elephant grass. This research aims to study how the management of dwarf elephant grass cultivation under the auspices of pine trees carried out by farmers in Wagir Subdistrict, and its expected to provide information on the cultivation methods carried out and the problems faced by farmers in this cultivation. Cultivation management starts from the process of providing seedlings to harvesting for some farmers experiencing problems, such as not getting access to waste sourced from PT Greenfields to their grasslands, so that farmers decided to buy chemical fertilizers with high purchase prices. Some farmers have difficulty distributing fertilizer to the land using motorcycles . This research was done with non-experimental method (survey), sampling with descriptive random sampling technique based on information about respondents in one area randomly, the source of information obtained from forest police as well as fellow farmers of dwarf elephant grass, by conducting interviews directly with respondents (dwarf elephant farmers) as many as 17 people, can be done structurally in accordance with the list of questionnaires and interviews freely without questionnaires regarding matters that are still related to the research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/291/051910077
Uncontrolled Keywords: cultivation, education, farmer, dwarf elephant grass, respondent, survey
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.084 Feeding / Animal feeding
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Oct 2020 02:14
Last Modified: 02 Oct 2020 02:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176894
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item