Pengaruh Perbedaan Ukuran Queen Cell Terhadap Bobot Badan, Panjang Badan Dan Panjang Sayap Lebah Ratu Apis Cerana

Yusryansyah, Arga Rama (2019) Pengaruh Perbedaan Ukuran Queen Cell Terhadap Bobot Badan, Panjang Badan Dan Panjang Sayap Lebah Ratu Apis Cerana. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ratu lebah mempunyai tubuh yang lebih besar dan berat 2,8 kali berat lebah pekerja. Setiap koloni lebah hanya ada satu ratu lebah jika di dalam satu koloni ada dua ratu lebah maka keduanya akan saling membunuh untuk mendapatkan posisi sebagai ratu lebah. Ratu lebah mempunyai tanggung jawab untuk meneruskan kelangsungan hidup koloni lebah yaitu dengan cara bertelur sepanjang hidupnya. Ratu lebah sanggup bertelur 500-1000 butir setiap harinya. Ratu lebah mempunyai umur yang lebih lama dibandingkan dengan lebah pekerja. Lebah pekerja berumur sekitar 40 hari tetapi ratu lebah sanggup hidup hingga 3-5 tahun atau sekitar 30x lebih lama dari lebah pekerja. Ratu lebah berumur lebih lama disebabkan karena ratu lebah mengkonsumsi royal jelly sepanjang hidupnya. Lebah pekerja hanya mengkonsumsi royal jelly selama 3 hari pada saat menjadi larva. Umumnya ukuran queen cell (QC) lebah ratu Apis cerana yang dibuat secara alami oleh lebah pekerja panjang queen cell 8,6 mm, diameter atas 6,2 mm dan diameter tengah 8,8 mm lalu diisi dengan larva berumur 1 hari dengan cara di grafting ke queen cell untuk mendapat perlakuan khusus dari lebah pekerja dan mendapat pakan royal jelly. Penelitian dilaksanakan di Peternakan lebah Kembang Joyo milik Bapak Ustadi S.Pt,MP. yang berada di Karangploso. Penelitian ini berlangsung pada bulan September sampai dengan Desember 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari ukuran queen cell terbaik untuk perkembangan calon lebah ratu ditinjau dari panjang tubuh, bobot badan dan panjang sayap. Metode yang digunakan adalah metode percobaan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan penggunaan ukuran queen cell yaitu untuk P1 (Ukuran QC kecil), P2 (Ukuran QC sedang) dan P3 (Ukuran QC besar). variabel meliputi bobot badan, panjang badan dan panjang sayap dilakukan di kembang joyo. Data dianalisis menggunakan analisis ragam (ANOVA) jika ada perbedaan yang nyata atau sangat nyata, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan Uji Jarak Berganda Duncan (UJBD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan perlakuan ukuran queen cell yang berbeda beda memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap bobot badan, namun pada panjang badan dan panjang sayap memberikan pengaruh yang tidak nyata (P>0,05). Rataan bobot badan 57,3-81,0 mg, rataan panjang badan 12,28-12,57 mm dan rataan panjang sayap 8,48-8,74 mm. Pada hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perlakuan yang terbaik ukuran queen cell pada bobot badan lebah ratu dengan perlakuan terbaik P3 sebesar 81,00 mg. Untuk panjang badan dan panjang sayap ukuran queen cell tidak mempengaruhi pertumbuhan panjang badan dan sayap. Saran jika ingin mendapat lebah ratu dengan bobot badan yang tinggi maka dapat menggunakan queen cell ukuran besar.

English Abstract

The objective of this research was to determine the best percentage of queen cell size on body length, body weight and wing length of queen bee Apis cerana. The materials were used queen cell, honey, royal jelly and larvae honey bee. The method was used experimental laboratory using completely randomized design with three treatments and five replications. The treatments were small size, medium size and large size of queen cell. The variables measured were body length, body weight and wing length. The data were analyzed using by Analysis of Variance or ANOVA and if there were significant effect then would be continued by Duncan Multiple Range Test (DMRT). The results showed that the treatment of different queen cell size gave highly significant effect (P<0.01) body weight but on body length and wing length gave no significant effect (P>0.05). The mean value of body weight 5.73-8.10 mg. The mean value of body length 12.28-12.57 mm and The mean value of wing length 8.48-8.74 mm. It can be concluded that queen cell large size gave the best result on body weight 81.00 mg.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/495/051910268
Uncontrolled Keywords: Queen cell, Larvae, Royal jelly
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 638 Insect culture > 638.1 Bee keeping (apiculture) / Bee culture
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 28 Sep 2020 03:04
Last Modified: 28 Sep 2020 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176838
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item