Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Di Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Klaten Di Kota Malang)

Ahmadi, Ridwan Auliya (2019) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Di Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Klaten Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Klaten merupakan salah satu rumah makan yang berkembang di Kota Malang yang menyediakan menu olahan ayam yaitu sop ayam. Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Klaten memiliki lokasi yang strategis karena dekat dengan area kampus. Pesatnya perkembangan Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Klaten di Kota Malang yang menjual daging ayam olahan tersebut tidak terlepas kemampuannya untuk dapat memaksimalkan kepuasan pelanggannya salah satunya melalui bauran pemasaran (7P). Tujuanpenelitianiniuntukmengetahui tingkat kepuasan dan pengaruh bauran pemasaran terhadap tingkat kepuasan pelanggan Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Klaten di Kota Malang. Penelitian dilaksanakan di Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Klaten yang berada di Jl. MT. Hariyono No.27 Kota Malang dan 100 responden selama 1 bulan yaitu pada tanggal 1 Desember 2018 sampai dengan 31 Desember 2018. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara langsung pada pihak manajer dan responden, serta pengisiankuisioner yang disebarkan kepadapelanggan dengan metode accidental sampling, serta berasal dari catatan, arsip atau literatur seperti sejarah usaha dari Sop Ayam Pak Min Klaten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen dalam membeli Sop Ayam Pak Min Klaten yaitu berdasarkan jenis kelamin 60% adalah perempuan, berdasarkan umur 76% berumur 20-24 tahun, berdasarkan tingkat pendidikan 88% sedang menempuh/sudah menempuh pendidikan, berdasarkan tingkat pendapatan 35% memiliki pendapatan Rp.500.000-Rp.1.500.000/bulan, berdasarkan jenis profesi/pekerjaan 75% adalah pelajar, berdasarkan lama jadi pelanggan 71% lebih dari 2 tahun dan berdasarkan frekuensi pembelian 85% memiliki frekuensi pembelian 1-2 kali/bulan. Diketahui dari hasil persamaan regresi linier berganda didapatkan Y = 1,293 + 0,226X1 + 0,307X2+ 0,002X3 - 0,083X4 + 0,114X5 + 0,271X6 + 0,156X7dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,639 yang menunjukkan variabel produk, harga, saluran distribusi, promosi, lingkungan fisik, proses dan orang mampu menjelaskan kepuasan pelanggan Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Klaten sebesar 63,9%. Pengujian menggunakan uji F secara simultan atau bersamasama disimpulkan bahwa produk, harga, saluran distribusi, promosi, lingkungan fisik, proses dan orang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Kalten di Malang. Sedangkan dengan uji T atau uji secara parsial disimpulkan bahwa variabel produk, harga dan proses secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Kalten di Malang. Kesimpulan pada penelitian ini adalah berdasarkan uji t variabel produk, harga dan proses berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Klaten di Kota Malang dan berdasarkan uji f secara secara simultan atau bersama-sama produk, harga, saluran distribusi, promosi, lingkungan fisik, proses dan orang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Kalten di Kota Malang. Saran untuk penelitian ini adalah pihak rumah makan supaya bisa terus mempertahankan kepuasan pelanggan baik melalui peningkatan dari produk dan pelayanan, serta inovasi didalam penjualan melalui media sosial ataupun aplikasi.

English Abstract

Restaurant Sop Ayam Pak Min Klaten is one of the thriving restaurants in Malang that provides a menu of processed chicken. The study was conducted at the Restaurant Sop Ayam Pak Min Klaten, located on Jl. MT. Hariyono No.27 Malang City and 100 respondents for 1 month. The results showed that consumer characteristics in buying Pak Min Klaten's Chicken Soup were dominated by women by 60%, current level of education / education was undergraduate at 88%, age was 20-24 years, 76%, had a profession / job as a student 72%, income level of 500,000 IDR - 1,500,000 IDR amounting to 35%, long time being a customer that is > 2 years at 43% and frequency of purchase <1 time / month at 48%. It is known from the results of multiple linear regression equations: Y = 1,293 + 0,226X1 + 0,307X2 + 0,002X3 - 0,083X4 + 0,114X5 + 0,271X6 + 0,156X7 with a coefficient of determination (R2) of 0,639. The test uses the F test simultaneously or together it can be concluded that the product, price, place, promotion, physical evidence, process and people have a significant effect on customer satisfaction Restaurant Ayam Sop Pak Min Klaten in Malang. Where as with the T test or the partial test it can be concluded that the product variable, price and process partially have a significant effect on customer satisfaction Restaurant Ayam Sop Pak Min Klaten in Malang. The conclusion of this study is that based on the t test the product, price and process variables have a significant effect on customer satisfaction Restaurant Sop Ayam Pak Min Klaten in Malang City and based on f tests marketing mix have a significant effect on customer satisfaction Restaurant Ayam Sop Pak Min Klaten in Malang City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/363/051910149
Uncontrolled Keywords: Marketing mix
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 11 Nov 2020 04:40
Last Modified: 11 Nov 2020 04:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176614
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item