Fajari, Sihabudin Nur (2019) Komodifikasi Identitas Perempuan Muslim dalam Ajang Duta Hijab Radar Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penampilan terutama tubuh perempuan selalu diobjektifkan sebagai kurus, berotot dan langsing oleh masyarakat kita. Tidak hanya sebagai kesempurnaan penampilan, namun juga memiliki nilai estetika di ruang publik. Penerapan standar cantik bagi perempuan pun berlaku dalam sebuah kontes kecantikan khusus perempuan Muslim, standar kecantikan tidak terlepas dari institusi media sebagai pihak yang memiliki modal. Oleh karena itu, penelitian ini mempunyai tujuan untuk membongkar praktik-praktik komodifikasi dalam kontes pemilihan Duta Hijab Radar Malang. penelitian ini menggunakan paradigm kritis dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah case study. Pengumpulan data diambil dari data primer dan sekunder. Pegumpulan data primer berasal dari wawancara dengan key informant seperti finalis, direktur Jawa Pos Radar Malang, dan Pembina Duta Hijab Radar Malang. Data sekunder mencakup dari artikel, jurnal dan dokumen teknis baik itu online maupun offline. Setelah dilaukan analisis pada event tersebut, hasil penelitian menunjukan bahwa praktek-praktek komodifikasi benar-benar diterapkan selama proses seleksi. Event tersebut juga mengemas bagaimana identitas perempuan muslim “Hijab” diproduksi dengan standard-standard tertentu yang disponsori oleh produk-produk pendukung. Sehingga pada akhirnya kontes Duta Hijab Radar Malang ini digambarkan sebagai tempat untuk mengekpresikan kemampuan diri para Perempuan Muslim yang modis dan trendi dengan tujuan mendapatkan popularitas
English Abstract
Appearance particularly the female body has always objectified as a lean, muscular and slim by our society. Not only as the perfection of appearance, but also have aesthetic value in the public space. The pretty standard implementation for women also applies in a particular beauty contest of Muslim women, the standard of beauty is inseparable form media institutions as having the capital. Moreover, this study has the objective to dismantle the practices of commodification in the selection Duta Hijab Radar Malang. This research uses a critical paradigm with qualitative approach. The method used is a case study. The data collection taken from primary and secondary data. Primary data collection comes from interviews with key informants such as finalist, board director of Jawa Pos Radar Malang and Supervisor of Duta Hijab Radar Malang. Secondary data covers of articles, journals and technical documents both online and offline. After the analysis take place in the event, research shows that the commodification practices actually applied during the selection process. The event also addresses how the identity of Muslim women “Hijab” is produced with certain standards sponsored by supporting products. Moreover, in the end Duta Hijab Radar Malang described as a place to express the Muslim women ability who are fashionable and trendy with aim of gaining popularity.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2019/984/051910630 |
Uncontrolled Keywords: | Commodification, Muslim Women, Identity and Duta Hijab Radar Malang. Komodifikasi, Perempuan Muslim, Identitas, Duta Hijab Radar Malang |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.22 Kinds of communication > 302.222 Nonverbal communication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 16 Oct 2020 15:24 |
Last Modified: | 19 May 2023 05:09 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176474 |
Text
Sihabudin Nur Fajari (2).pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |