Pemaknaan Pengikut Dimas Kanjeng di Padepokan Dimas Kanjeng.

Abror, Moh. Hasan Rahmatul (2019) Pemaknaan Pengikut Dimas Kanjeng di Padepokan Dimas Kanjeng. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan pengetahui proses terbentuknya konstruksi pengetahuan dari pengikut Dimas Kanjeng terhadap Dimas Kanjeng. Hingga sekarang masih banyak pengikut yang tinggal dan setia menunggu Dimas Kanjeng di padepokan tersebut meskipun Dimas Kanjeng sekarang berada di penjara karena sebuah kasus pembunuhan dan penipuan. Karena itulah rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: Bagaimana Kontruksi Pengetahuan Para Pengikut Dimas Kanjeng di Padepokan Terhadap Dimas Kanjeng? Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Peter L. Berger mengenai konstruksi pengetahuan. Teori Berger digunakan untuk mengetahui bagaimana proses dan pengalaman dari pengikut sehingga hal itu akan membentuk sebuah konstruksi terhadap sosok Dimas Kanjeng. Informan dari penelitian ini yaitu para pengikut yang masih memilih tetap percaya dengan Dimas Kanjeng dan tetap tinggal di padepokan tersebut. Sumber data dari penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah terdapat tiga ‘momen’ terbentuknya konstruksi terhadap Dimas Kanjeng, yaitu obyektivasi, internalisasi, dan eksternalisasi. Di mana obyektivasi dalam penelitian ini ialah terdapat pengetahuan dan pemamahan bersama dari para pengikut bahwa padepokan merupakan tempat yang tepat untuk mereka dalam mencari ilmu dan keselamatan di akhirat. Itu didapatkan juga saat mereka saling berinteraksi. Kedua, internalisasi ialah tujuan dan nilai-nilai di padepokan sesuai dengan apa yang para santri cari yaitu untuk mensejahterakan hidup mereka dan mencari keselamatan di akhirat sehingga mereka mulai masuk dan memilih tetap bertahan di padepokan. Ketiga, eksternalisasi yaitu Penularan pengetahuan dari setiap santri dan masyarakat dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Kemudian santri yang telah masuk dan percaya dengan Dimas Kanjeng akan memilih untuk tetap tinggal dan yakin dengan Dimas Kanjeng. Dari tiga momen tersebut akhirnya membuat para pengikut menganggap bahwa Dimas Kanjeng difitnah oleh orang lain, sehingga membuat mereka tetap yakin dan percaya dengan Dimas Kanjeng.

English Abstract

This study aims to comprehend and to find out the process of knowledge construction from Dimas Kanjeng followers towards Dimas Kanjeng. Up untill now, there are many Dimas Kanjeng followers who stay loyal as his followers in padepokan (hermitage), even though Dimas Kanjeng is still jailed because he is charged over a murder and fraud case. From the explanation before, the researcher formulated one problem statement: How is the interpretation by Dimas Kanjeng followers in his hermitage (padepokan) towards Dimas Kanjeng? This study used a theory by Peter L. Berger about the social construction of the reality. This theory used to find out about how the process and the experience of Dimas Kanjeng followers, so that it will form a construe about Dimas Kanjeng. The informants are those who stay loyal as Dimas Kanjeng followers and also those who stayed in his padepokan (hermitage) by observation, interview and documentation. The result showed that there were 3 moments of the construe of Dimas Kanjeng, which are objectification, internalization, and externalization. The objectification in this study pointed that there was a shared knowledge and understanding among the followers that padepokan (hermitage) was the right place to seek knowledge and safety for afterlife. Those things obtained when they interacted with each other. Second, the internalization was the goal and values in the hermitage following what the students (santri) were looking for, which is to prosper their lives and seek the safety for afterlife, so they started to enter and stay in the hermitage. Third, externalization, was the transmission of knowledge from the santri (students) and community in every activities they carried out. Then, the students who have come in and believed in Dimas Kanjeng will choose to stay and believe in Dimas Kanjeng. From the three moments finally made the followers think that Dimas Kanjeng was slandered by others, thus making them remain confident and trusting in Dimas Kanjeng.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/972/051910604
Uncontrolled Keywords: konstruksi, pengetahuan, padepokan, pengikut. construction, knowledge, padepokan, follower.
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social Processes > 303.3 Coordination and control > 303.37 Social norms > 303.372 Belief systems and customs
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Oct 2020 09:31
Last Modified: 19 May 2022 02:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176448
[thumbnail of Moh. Hasan Rahmatul Abror (2).pdf] Text
Moh. Hasan Rahmatul Abror (2).pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item