Tindakan Sosial Siswa Muslim SMA Katolik Santo Augustinus Kota Kediri Dalam Menentukan Pilihan Sekolah.

Agustina, Wildan (2019) Tindakan Sosial Siswa Muslim SMA Katolik Santo Augustinus Kota Kediri Dalam Menentukan Pilihan Sekolah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi para siswa muslim SMA Katolik Santo Augustinus Kota Kediri yang menumbuhkan stigma baru di masyarakat mengenai pilihan sekolah. Pilihan sekolah yang saat ini sangat bervariatif memunculkan permasalahan tersendiri bila dilihat dari sisi agama. Timbul sebuah kontroversi ketika seorang beragama muslim yang notabene adalah agama mayoritas memilih institusi pendidikan dengan label agama lain meskipun memiliki status sebagai salah satu sekolah swasta favorit di Kota Kediri. Namun, hal tersebut menjadi menarik ketika seiring berjalannya waktu terjadi pertambahan jumlah siswa beragama muslim hingga bisa dikatakan setara dengan jumlah siswa beragama yang menjadi latar belakang berdirinya sekolah yaitu agama Katolik. Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial dari Max Weber sebagai alat analisis. Adanya motivasi para siswa muslim dalam menentukan pilihan sekolah di SMA Katolik Santo Augustinus Kota Kediri telah mengubah hal tabu yang berkaitan dengan keyakinan individu. Hal tabu yang berkaitan dengan keyakinan individu dimana siswa muslim memilih SMA Katolik Santo Augustinus ketika memiliki beberapa referensi lain untuk melanjutkan jenjang pendidikan setelah tamat dari Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tindakan apa yang membuat siswa muslim menentukan pilihan tersebut untuk diri mereka. Tindakan sosial sebagai teori yang dipilih pada penelitian ini menjelaskan serta memetakan tindakan para siswa muslim untuk menentukan pilihan sekolah di SMA Katolik Santo Augustinus Kota Kediri. Max Weber mengklasifikasikan tindakan sosial menjadi empat yaitu tindakan rasionalitas instrumental, tindakan rasionalitas yang berorientasi nilai, tindakan afektif dan tindakan tradisional. Keempat klasifikasi tindakan sosial tersebut memunculkan motivasi siswa muslim dalam menentukan pilihan sekolah di SMA Katolik Santo Augustinus. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan alasan siswa muslim SMA Katolik Santo Augustinus Kota Kediri dalam menentukan pilihan sekolah. Setelah ditemukan alasan, kemudian ditentukan ke dalam klasifikasi tindakan sosial yang sesuai. Tindakan rasionalias instrumental dipengaruhi tujuan tindakan. Tindakan rasionalitas yang berorientasi nilai dipengaruhi kualitas sekolah dianggap bagus dibandingkan dengan swasta lainnya. Tindakan afektif dipengaruhi lingkup pertemanan. Tindakan tradisional dipengaruhi oleh orang tua dan sanak saudara.

English Abstract

SMA (senior high school) Katolik Santo Augustinus Kota Kediri Moslem students’ motivation in cultivating a new stigma on determining school preference in the community is the background of this study. The school preference variation arises some problems when it is seen from the religion side. A controversy emerges when a Moslem choose to enroll in a Catholic school even it is one of the favorite private school in Kota Kediri. Nevertheless, it becomes appealing when the number of Moslem students and Catholic students in the school are on par. This study uses Max Weber’s social action theory as the analysis tool. The Moslem students’ motivation to enroll in SMA (senior high school) Katolik Santo Augustinus Kota Kediri is changing the taboo view related to individual belief. The taboo view that related to individual belief happens when Moslems choose to continue their education in SMA (senior high school) Katolik Santo Augustinus when they have another references after graduating from Junior High School. What kind of action that makes the Moslem students choose for themselves. Social action is the chosen theory in this study to explain and map the Moslem students’ action in enrolling in SMA (senior high school) Katolik Santo Agustinus Kota Kediri. Max Weber classifies there are four social actions: instrumental rational social action, value rational social action, affective social action and traditional social action. The classification issues Moslem students’ motivation to enroll in SMA (senior high school) Katolik Santo Augustinus Kota Kediri. The method uses in this study are qualitative method with descriptive approach and data collection with interview, observation and documentation. The result of this study shows there are some reasons why Moslem students choose to enroll in SMA (senior high school) Katolik Santo Augustinus Kota Kediri. After the reasons are founded, they will be classified into the corresponding social action. Instrumental rational social action is influenced by the action’s goal. Value rational social action is affected by the school quality which is better than the other private schools. Affective social action is influenced by the friendship circle. Traditional social action affected by parents and family.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/945/051910577
Uncontrolled Keywords: tindakan sosial, siswa muslim, motivasi, sekolah swasta agama, SMA Katolik Santo Augustinus, social action, Moslem student, motivation, religious private school, SMA Katolik Santo Augustinus.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.1 General topics of social interaction > 302.13 Social choice
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Oct 2020 14:51
Last Modified: 25 Oct 2020 14:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176402
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item