Tanggung Jawab Sosial Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Mataram

Damayanti, Mulyani (2019) Tanggung Jawab Sosial Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Mataram. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implimentasi tanggung jawab sosial yang diberikan Bank Syariah Mandiri cabang Mataram. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan paradigma interpretif. Pendekatan yang digunakan yaitu studi kasus. Metode analisis data yang digunakan adalah bersifat deskriptif yaitu: menganalisis pelaksanaan program CSR yang diberikan PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Mataram, memberikan kesimpulan dan saran mengenai pelaksanaan program CSR yang diberikan oleh PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Mataram untuk masyarakat di wilayah Mataram. Hasil penelitian menyebutkan bahwa BSM merealisasi program tanggung jawab sosial perusahaan dengan bekerja sama dengan Laznas. BSM Cabang Mataram mempunyai dua program CSR yaitu BSM Mengalir Berkah dan CSR BSM. Dua program tersebut telah mencerminkan program Laznas. BSM Mengalir Berkah dilaksanakan dengan renovasi masjid berserta tempat wudhu wanita, sedangkan untuk CSR BSM dilaksanakan dengan pemotongan hewan qurban, santunan pendidikan anak yatim dan dhuafa, kegiatan BSM Siaran dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan, serta bantuan untuk korban becana gempa Lombok-Sumbawa. Terkait dengan teori legitimasi, BSM cabang Mataram telah melaksanakan kegiatan operasional sesuai dengan system, norma, nilai, dan kepercayaan yang berlaku dimasyarakat sekitar BSM beroperasi.

English Abstract

The objective of this study is to identify the corporate social responsibility of PT Bank Mandiri Syariah Branch of Mataram to its stakeholders, particularly the surrounding people. This qualitative research uses interpretive paradigm through a case study. Using descriptive analysis, this research analyzes the company’s CSR program for its stakeholders in Mataram. This research finds that the company collaborated with Laznas to organize its CSR program, which was through BSM Mengalir Berkah and BSM CSR. Both programs reflect Laznas’s program. BSM Mengalir Berkah was implemented by renovating mosques and their female ablution rooms, while BSM CSR was carried out by giving cattle for Eidul Adha, educational aids for orphans and poor people, aids for the victims of Lombok-Sumbawa earthquake, and BSM Siaran event during the Ramadan. In regards to legitimacy theory, the company has carried out its activities according to the applicable system, norms, values, and beliefs in the community.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.408/DAM/t/2019/041907528
Uncontrolled Keywords: SOCIAL RESPONSIBILITY OF BUSINESS, BANKS AND BANKING
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.408 Social responsibility of executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Dec 2019 08:37
Last Modified: 02 Dec 2019 08:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176367
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item