Ripitabilitas dan Nilai Most Probable Producing Ability Lama Laktasi, Lama Kering, dan Produksi Susu Sapi Peranakan Friesian Holstein di Wisata Agro Cibugary

Zulfa, Yanna Nailla (2019) Ripitabilitas dan Nilai Most Probable Producing Ability Lama Laktasi, Lama Kering, dan Produksi Susu Sapi Peranakan Friesian Holstein di Wisata Agro Cibugary. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Periode laktasi dan kering merupakan suatu data kuantitatif yang dibutuhkan untuk mengetahui produktivitas seekor sapi dalam memproduksi susu. Data masa laktasi, lama kering, dan produksi susu 305 hari digunakan untuk perhitungan estimasi ripitabilitas dan Most Probable Producing Ability (MPPA) masing-masing sapi perah. Tujuan penelitian ini untuk mengestimasi nilai ripitabilitas dan Most Probable Producing Ability (MPPA) lama laktasi, masa kering, dan produksi susu sapi Peranakan Friesian Holstein. Hasil penelitian diharapkan sebagai informasi bagi peternak dalam melakukan seleksi dan mengevaluasi manajemen peternakan untuk semakin meningkatakan performan produksi. Penelitian dilakukan di peternakan sapi perah Wisata Agro Cibugary pada tanggal 1 hingga 31 Agustus 2018. Data recording telah dikoleksi sejak tahun 2015 sampai 2018 oleh peternakan sapi perah Wisata Agro Cibugary. Materi yang digunakan dalam penelitian adalah data rekording lama laktasi, masa kering, dan produksi susu pada laktasi pertama dan ke dua sapi Peranakan Friesian Holstein (PFH) sebanyak 8 ekor yang dipilih secara purposive dari 40 ekor yang tersedia. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dan dianalisis secara deskriptif. Variabel yang diamati adalah umur produksi, produksi susu, lama laktasi, dan lama kering. Data-data yang didapat kemudian digunakan untuk mengestimasi nilai ripitabilitas, selanjutnya nilai ripitabilitas digunakan untuk menghitung nilai MPPA. Hasil penelitian menunjukkan, nilai ripitabilitas lama laktasi sebesar 0,17 dalam kategori rendah, ripitabilitas lama kering sebesar 0,74 dalam kategori tinggi, dan ripitabilitas produksi susu sebesar 0,94 dalam kategori tinggi. Nilai ripitabilitas lama laktasi berkategori rendah berarti performan pada laktasi berikutnya kurang dapat diprediksi. Ripitabilitas lama kering dan produksi susu dalam kategori tinggi diprediksi performan pada laktasi berikutnya menyamai atau bahkan melebihi. Nilai MPPA berdasarkan lama laktasi sebesar 303,002 hari, lalu lama kering sebesar 61,749 hari, serta rataan MPPA produksi susu sebesar 3.433,471 liter/laktasi. Ternak dengan nilai Most Probable Producing Ability di atas rataan kelompoknya diprediksi akan menghasilkan keturunan dengan performan yang menyamai bahkan melebihi induknya dengan ditunjang manajemen pemeliharaan yang lebih baik.

English Abstract

This research was conducted in Cibugary Agro Tourism, Jakarta. The data was obtained on 1st until 31st August 2018. This study was aimed to estimate repeatability and MPPA (Most Probable Producing Ability) of lactation length, dry period, and milk yield on first and second lactation of Friesian Holstein Crossbreed. This research used secondary data obtained from the records of two lactation each eight cows that collected from 2015 until 2018 by Cibugary Agro Tourism. This research can be a guidance for farmers to make selection and evaluate the farm management. The method used was a case study. MPPA value using a formula according to Hardjosubroto's (1994) recommendation. The results showed that the estimation of repeatability were 0,17 for lactation length, 0,74 for dry period, and 0,94 for milk yield. MPPA value based on lactation length is 303,002 days, MPPA value based on dry period is 61,749 days, and MPPA value based on milk yield is 3.433,471 liters/lactation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/419/051910362
Uncontrolled Keywords: Dry period, lactation length, milk yield, MPPA (Most Probable Producing Ability), repeatability
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.2 Cattle and related animals > 636.21 Cattle for specific purposes > 636.214 2 Cattle milk
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:48
Last Modified: 01 Dec 2021 04:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176312
[thumbnail of Yanna Nailla Zulfa.pdf]
Preview
Text
Yanna Nailla Zulfa.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item