Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Olahan Ayam (Studi Pada Warung Apung Rahmawati Gresik)

Amaluddin, Mohammad Bagus (2019) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Olahan Ayam (Studi Pada Warung Apung Rahmawati Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhan konsumsi daging di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan dikarenakan pola pikir masyarakat saat ini semakin tinggi untuk memilah kebutuhan proteinnya. Terutama untuk memenuhi kebutuhan protein hewani, di sini sektor peternakan menjadi peran utama untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satu protein hewani yang paling diminati masyarakat Indonesia yaitu daging ayam karena di samping mudah mendapatkanya, harganya pun relatif murah dibandingkan dengan daging sapi. Upaya yang dilakukan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan konsumsi daging ayam banyak disiasati dengan mendirikan usaha rumah makan atau pun restoran yang menyediakan berbagai produk olahan ayam. Seperti yang dilakukan oleh Warung Apung Rahmawati yang berada di kabupaten Gresik, dengan berbagai macam menu olahan ayam restoran tersebut mampu untuk menjadi pesaing dari berbagai kompetitor dengan pelaku usaha yang sama. strategi bauran pemasaran (marketing mix) merupakan bagian dari strategi bisnis yang memberikan arah pada semua fungsi dan tujuan suatu organisasi. Dengan menerapkan strategi bauran pemasaran yang meliputi produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang atau SDM (people), sarana fisik (physical evidence), dan proses pengambilan kebutusan (proces). Pengumpulan data lapang dilakukan di Warung Apung Rahmawati Gresik jalan Dr Wahidin Sudirohusodo nomer 109. Gresik yang dilaksanakan pada tanggal 8 September 2018 – 30 September 2018. Tujuan penelitian ini mengetahui keputusan pembelian oleh konsumen terhadap produk olahan ayam di Warung Apung Rahmawati Gresik. Mengetahui faktor-faktor bauran pemasaran yang memepengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen terhadap produk olahan ayam di Warung Apung Rahmawati Gresik. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode survey menggunakan kuisioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling yaitu metode pengambilan data secara kebetulan dan langsung. Jumlah responden atau konsumen yaitu 100 responden, analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dari analisa faktor dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis faktor dari data yang didapatkan menggunakan ekstraksi faktor menghasilkan 4 faktor baru yang dapat mewakili 17 variabel awal yaitu fasilitas pelengkap toilet dan washtafel, buku menu dan mesin kasir, keterjangkauan harga dan kesesuaian harga produk, kemudahan akses lokasi dan variasi produk, promosi iklan oleh Warung Apung Rahmawati dan promosi oleh pegawai. Data dari hasil ananlisis berganda menghasilkan nilai konstanta sebesar 0,819 yang artinya bahwa variabel independen (keputusan pembelian) memiliki nilai sebesar 0,819. Uji koefisien determinasi menunjukan bahwa nilai R-Square adalah (0,344) yang artinya 34,4% nilai tersebut merupakan besarnya kontribusi faktor fasilitas pelengkap toilet dan washtafel, buku menu dan mesin kasir, keterjangkauan harga dan kesesuaian harga produk, kemudahan akses lokasi dan variasi produk, promosi iklan oleh Warung Apung Rahmawati dan promosi oleh pegawai, usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan dan penghasilan terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya sebesar 65,6% merupakan konstribusi dari variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Berdasarkan uji F yang telah dilakukan menghasilkan nilai Fhitung = 5,246 dengan probabilitas 0,000. Hasil pengujian tersebut menunjukan probabilitas < level of significane (α = 5%), Fhitung > Ftabel. Hasil uji t menujukan bahwa bahwa nilai df (Degree of Freedom) sebesar 93 dan tingkat signifikasi (α) = 5% diperoleh ttabel sebesar 2,306 yang artinya signifikansi variabel produk, harga, tempat, promosi, orang atau SDM, bukti fisik, proses, jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan dan penghasilan menunjukan bahwa thitung > ttabel, atau dikatakan signifikan terhadap keputusan pembelian produk olahan ayam di Warung Apung Rahmawati Gresik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, keputusan konsumen terhadap produk olahan ayam di Warung Apung Rahmawati Gresik ditunjukkan dengan adanya keputusan untuk merekomendasikan ulang produk kepada orang lain, yang artinya konsumen setuju dan tertarik untuk merekomendasikan produk olahan ayam dikarenakan memiliki rasa yang enak dan khas yang tidak dimiliki rumah makan lain. Faktor fasilitas pelengkap toilet dan washtafel, buku menu dan mesin kasir dapat mempengaruhi keputusan pembelian olahan ayam di Warung Apung Rahmawati Gresik, sedangkan faktor yang sangat mempengaruhi keputusan pembelian yaitu faktor keterjangkauan harga dan kesesuaian harga dan faktor akses menuju lokasi dan variasi produk

English Abstract

The research was conducted at “Rahmawati Apung Gresik Restaurant” located in Dr Wahidin Sudirohusodo Street 109 Gresik. Data collection was from September, 8th to September, 30th 2018. The other purpose of this research to identify the process of making consumer’s purchasing decision towards chicken processed products and determine the effect of marketing mix on decisions deep purchases (products, prices, places, promotions, people, physical evidence, and processes) on chicken processed products at Rahmawati Apung Gresik Restaurant. Data was analyzed using discriptive analysis and and multiple regression analysis. These objectives were achieved through a survey method using a structured questionnaire. One hundred consumer were chosen as respondents by purposive random sampling method. The result showed that consumer’s purchasing decision toward chicken processed products at Rahmawati Apung Restaurant as indicated by the amount of purchases of processed chicken products most enjoyed is soy sauce grilled chicken and salted egg sauce chicken with the average visitor choosing the product has the best taste and improves than other chicken preparations. Factors complementary toilet facilities and sinks, book menus and cash registers can influence purchasing decisions. Reliability of the price, factor access to location and product variety a positive influence on purchasing decisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/308/051910094
Uncontrolled Keywords: Chicken products, chicken outlets, product price
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:02
Last Modified: 10 Aug 2020 06:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176198
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item