Inovasi Penanggulangan Kemiskinan Melalui Program Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan Di Kabupaten Trenggalek

Rahmawati, Dyah Ayu (2018) Inovasi Penanggulangan Kemiskinan Melalui Program Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan Di Kabupaten Trenggalek. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah lama yang pada umumnya dihadapi hampir di semua negara-negara berkembang, terutama negara yang padat penduduknya seperti Indonesia. Kemiskinan seharusnya menjadi masalah bersama yang harus ditanggulangi secara serius, kemiskinan bukanlah masalah pribadi, golongan bahkan pemerintah saja, akan tetapi hal ini merupakan masalah setiap kita warga negara Indonesia. Sampai saat ini, Pemerintah dan Pemerintah Daerah di Indonesia masih menghadapi permasalahan kemiskinan yang bersifat multidimensional. Program penanggulangan kemiskinan yang dilakukan secara menyeluruh sering tidak sesuai dengan kondisi dari masingmasing daerah. Dengan melihat kondisi daerah yang berbeda-beda maka pemerintah daerah Kabupaten Trenggalek mengeluarkan sebuah program penanggulangan kemiskinan yang disesuaikan dengan kondisi di wilayah Kabupaten Trenggalek saat ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, mendiskripsikan, dan menganalisis inovasi penanggulangan kemiskinan melalui Program Gertak di Kabupaten Trenggalek; relevansi inovasi penanggulangan kemiskinan terhadap penurunan angka kemiskinan melalui Program Gertak di Kabupaten Trenggalek; faktor pendukung dan penghambat; hasil-hasil yang dicapai dari inovasi program Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan di Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh empat fokus penelitian yaitu Inovasi penanggulangan kemiskinan melalui Program Gertak di Kabupaten Trenggalek meliputi : Tipologi inovasi program Gertak, Keberlangsungan dan keberlanjutan inovasi program Gertak di Kabupaten Trenggalek : Kelembagaan, Dukungan anggaran, Sumber daya manusia ,SOP (Standard Operating Procedure); Relevansi inovasi penanggulangan kemiskinan terhadap penurunan angka kemiskinan melalui Program Gertak di Kabupaten Trenggale; Faktor pendukung dan penghambat inovasi penanggulangan kemiskinan melalui program Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan di Kabupaten Trenggalek; Hasil-hasil yang dicapai dari inovasi penanggulangan kemiskinan melalui program Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan di Kabupaten Trenggalek. Sesuai dengan penelitian program ini merupakan sebuah inovasi dari pemerintah Kabupaten Trenggalek untuk penanggulangan kemiskinan di daerah. Program Gertak di Kabupaten Trenggalek merupakan program baru dan program yang mengedepankan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat miskin yang bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Trenggalek. Istilah GERTAK muncul karena Kabupaten Trenggalek butuh gebrakan dalam mengatasi kemiskinan di Trenggalek dan ini adalah masalah jiwa bukan hanya materi. Dengan nama yang tegas, harapannya ada semangat dalam memberantas kemiskinan. Program Gertak ini sudah layak untuk menjadi sebuah inovasi karena memiliki beberapa produk dan layanan yang sudah mendapatkan hasil dalam penurunan kemiskinan.

English Abstract

Poverty is old problem generally faced bay all developing countries, especially country with dense population like Indonesia. Poverty should become collective problem that should be tackled seriously, poverty is not personal problem, group or government only, but it is problem for each citizen of Indonesia. Up to now, government and local government in Indonesia still face poverty which is multidimensional. Poverty alleviation program done comprehensively often not suitable with condition of each area. By looking at different condition then government of Trenggalek regency issued a program for poverty alleviation which is adapted with the Trenggalek condition. The research aimed at knowing, describing, and analyzing the innovation of poverty alleviation through Gertak Program in Trenggalek regency, innovation relevance of poverty alleviation toward the decrease of poverty number through Gertak program in Trenggalek regency, the supporting and inhibiting factors, results achieved from the innovation of Gertak Program in Trenggalek Regency. The research is descriptive research with qualitative approach limited by four research focus, that is innovation of poverty alleviation through Gertak in Trenggalek Regency including: innovation typology of Gertak program, the sustainability and continuity of Gertak innovation program in Trengalek regency: institutionalization, budget support, human resources, standard operating procedure (SOP), relevance of Gertak program innovation in Trenggalek regency, supporting and inhibiting factors of the program, the results obtained from the program. Suitable with the research the program is innovation from Trenggalek regency government to overcome the local poverty. Gertak Program in Trenggalek Regency is ne program and program which give emphasis to the welfare and prosperity of poor societies aimed at alleviate the poverty in Trenggalek Regency. The Gertak term come because the Trenggalek regency need breakthrough in overcoming the poverty in Trenggalek and it is the spiritual problem not only material problem. With firm name, it is expected give spirit in alleviating the poverty. The Gertak program is appropriate to be innovation because it has several products and services that bring results in decreasing the poverty.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/362.5/RAH/i/2018/041806615
Uncontrolled Keywords: POVERTY - PREVENTION, POVERTY - GOVERNMENT POLICY
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.5 Poor people
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Nov 2019 02:10
Last Modified: 15 Dec 2021 06:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176143
[thumbnail of Dyah Ayu Rahmawati, (2).pdf]
Preview
Text
Dyah Ayu Rahmawati, (2).pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item